Produk Layanan Jaringan Milik Google Cloud Platform

Produk Layanan Jaringan Milik Google Cloud Platform

Jaringan merupakan pondasi yang penting dalam teknologi informasi. Google menjadi satu di antara perusahaan pengembangan teknologi yang menyediakan produk layanan jaringan. Apa saja produk jaringan Google Cloud Platform? Simak selengkapnya di sini!

Jaringan dapat dikatakan sebagai hubungan dua bahkan lebih komputer atau perangkat yang saling terhubung — baik fisik maupun logika — kemudian dapat saling bertukar informasi. Pertukaran informasinya tak hanya data saja, melainkan bisa juga hardware dan internet.

Jaringan terhubung menggunakan suatu komunikasi atau jalur transmisi yang membentuk suatu sistem. Berbagai jenis hubungan jaringan juga tersedia berdasarkan geografisnya, seperti hubungan dalam 1 gedung atau komunitas yang dapat dihubungkan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network), jaringan yang lebih luas yaitu lintas gedung dalam 1 wilayah yang sama menggunakan MAN (Metropolitan Area Network), dan jaringan yang lebih luas lagi, bahkan bisa lintas daerah, yaitu menggunakan WAN (Wide Area Network).

Tak hanya berdasarkan geografisnya, jaringan juga terdapat jenis berdasarkan transmisinya yaitu broadcast dan point-to-point. Broadcast terdiri dari berbagai device yang terhubug ke jaringan kemudian digunakan bersama-sama dan hanya dihubungkan oleh satu saluran tunggal sedangkan point-to-point adalah beberapa koneksi pasangan individu dari satu device ke device lainnya.

Baca Juga: Apa itu Firewall dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Produk Layanan Layanan Jaringan Milik Google Cloud Platform

jaringan google cloud platformFoto: freepik.com

Google memiliki berbagai produk layanan yang bernaung di bawah Google Cloud Platform. Berikut ini produk layanan milik Google Cloud Platform:

1. Cloud CDN

Produk layanan Cloud CDN mampu menyimpan konten di tepi jaringan Google sehingga memberikan pengiriman konten yang lebih cepat kepada pengguna dan mampu mengurangi biaya penayangan. Jaringan pengiriman konten berdasarkan titik tepi kehadiran terdistribusi global Google.

Cloud CDN akan sangat mudah digunakan bila digunakan juga oleh pengguna Cloud Load Balancing. Kemampuan Cloud CDN sebagai salah satu produk layanan jaringan Google Cloud Platform dalam keamanan data tidak perlu diragukan lagi. Pengalaman video dan web yang memuaskan secara konsisten juga diberikan kepada penggunanya di mana saja.

2. Cloud Interconnect

Cloud Interconnect sebagai produk layanan mengandalkan kemampuan yang memungkinkan penggunanya mentransfer data di dalam jaringan lokal dan virtual private cloud. Menggunakan Cloud Interconnect sangat mudah karena penggunanya akan langsung dapat menuju alamat IP-nya tanpa perlu terhubung ke perangkat tertentu atau VPN.

Selain itu, lalu lintas aktivitas di dalamnya juga tidak melalui jaringan publik yang akan menyebabkan banyaknya lompatan lintasan yang akan dilalui data dan menyebabkan data sulit diakses.

3. Cloud DNS

Meski terdapat DNS publik yang bisa digunakan, perusahaan yang sudah mengetahui keamanan dan  kecepatan akses yang dimiliki DNS akan lebih memilih DNS private. Google Cloud Platform akan memberikan layanan kepada perusahaan. Mereka bisa memiliki dan mengonfigurasi DNSnya sendiri sehingga satu perusahaan tidak bisa menggunakan DNS milik perusahaan lain.

Ini cukup penting bagi suatu perusahaan agar sistem mereka terasa private dan tidak khawatir terganggu oleh sistem lain. Google Cloud Platform juga sepenuhnya mendukung DNSSEC yaitu menjamin tanggapan yang mereka tawarkan adalah asli dan dari sumber yang berwenang.

4. Tingkat Layanan Jaringan

Perusahaan yang semakin berkembang tentu membutuhkan pilihan jaringan yang tinggi karena disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Bagi perusahaan skala kecil maupun cabang, mereka hanya membutuhkan tingkat jaringan standar. Produk layanan jaringan Google Cloud Platform memiliki pilihan tingkat jaringan Premium vs Standar.

Baca Juga: 6 Jenis Jasa Layanan Cloud Computing

5. Cloud Load Balancing

Cloud Load Balancing dapat menempatkan sumber daya di belakang satu IP anycast dan layanannya ditentukan oleh perangkat lunak untuk menyeimbangkan beban lalu lintas. Dengan kemampuannya, Cloud Load Balncing dapat diterapkan ke semua lalu lintas seperti HTTP (S), TCP / SSL, dan UDP. Tak berhenti di sana, penghentian lalu lintas SSL dengan penyeimbangan beban HTTPS dan proxy SSL dapat dilakukan.

6. VPC

Virtual Private Cloud sebagai salah satu produk layanan jaringan Google Cloud Platform dapat memangkas pengeluaran suatu perusahaan karena dapat digunakan dalam jangkauan luas (beberapa wilayah) tanpa membutuhkan internet publik. Virtual Private Cloud juga memungkinkan pengguna dapat meningkatkan ruang IP tanpa batasan waktu.

7. Cloud Armor

Keuntungan utama pengguna produk layanan jaringan ini adalah terlindung dari serangan seperti serangan skrip lintas situs (XSS) dan injeksi SQL (SQLi). Tak hanya itu, layanan ini juga dapat melindungi beban kerja dari serangan DDos dan WAF dengan kata lain penggunanya akan mendapatkan akses dan kumpulan aturan yang diakurasi serta prediksi biaya bulanan terhadap layanannya.

Baca Juga: 11 Tips Memilih Jasa Layanan Cloud yang Tepat

Tentang OpenCloud

Simak mengenai OpenCloud di sini untuk mengetahui berbagai tawaran menarik yang dapat kami berikan kepada bisnis Anda sebagai jasa layanan SAP Cloud Hosting. Coba sekarang dan rasakan manfaat besar yang akan Anda dapatkan!

Sumber

  • http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=67
  • https://idcloudhost.com/kamus-hosting/network/
  • https://cloud.google.com/
  • https://www.jetorbit.com/blog/apa-itu-lan-man-wan-dan-bagaimana-cara-kerjanya/