Cara Memilih Lokasi Data Center yang Strategis

Cara Memilih Lokasi Data Center yang Strategis

  • Post Category:Technology

Data center dapat dibangun dimana saja dengan daya dan konektivitas, tetapi lokasi memiliki dampak yang besar pada kualitas layanan yang dapat diberikan ke pelanggan. Selain harga, skalabilitas, waktu kerja, dan keandalan, lokasi bisa menjadi pertimbangan utama ketika memilih lokasi data center. 

Membangun data center membutuhkan investasi modal yang signifikan serta komitmen terhadap biaya operasional yang berkelanjutan untuk pemeliharaannya. Langkah terbaik untuk menentukan lokasi yang strategis untuk membangun data center adalah sebagai berikut: 

1. Kedekatan

Ada dua jenis kedekatan yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama adalah kedekatan pelanggan atau pengunjung situs web, dan yang kedua adalah kedekatan dengan tenaga kerja terampil atau tim IT. Ketika berbicara tentang kedekatan dengan pengunjung situs web, maka harus menanyakan dimana situs web paling sering diakses. Statistik ini dapat dengan mudah ditemukan melalui perangkat lunak analitik. 

Selain itu, data center juga membutuhkan staff yang mahir secara teknis. Membangun di daerah yang memiliki sumber daya yang mahir dan terampil tentang teknis akan menjadi keuntungan tersendiri  bagi penyedia co-location. 

Baca Juga: 5 Lokasi Data Center di Indonesia

2. Lokasi CDN yang luas

CDN atau Content Delivery Network adalah cara mengatasi keterbatasan lokasi untuk situs web Anda. Dengan memegang konten yang sering dikirimkan dari pusat data di seluruh dunia, konten penting dapat menjangkau  lebih cepat. Rata-rata 90% dari transfer data situs terdiri dari konten ini dan untuk beberapa klien, hal ini dapat membawa peningkatan yang cepat ketika menggunakan CDN bersama dengan situs web yang di host di luar negeri. 

3. Risiko Cuaca dan Bencana

Menurut Pusat Nasional Informasi Lingkungan, “pada tahun 2014, ada delapan peristiwa bencana cuaca dan iklim dengan kerugian masing-masing melebihi $ 1 miliar di seluruh Amerika Serikat,” Jika berbicara tentang finansial, cuaca dapat memainkan peran besar dalam keputusan dalam membangun data center. Pola cuaca berdasarkan wilayah juga harus di analisis serta jumlah curah hujan rata-rata, suhu tinggi / rendah, kecepatan angin, banjir dan aktivitas seismik. Sayangnya, beberapa data center terletak dekat dengan daerah berisiko tinggi. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara risiko dan kedekatan. 

Baca Juga: Apa Itu Data Center?

4. Aksesibilitas Daya dan Jaringan

Aksesibilitas daya dan jaringan adalah tulang punggung data center. Tanpa aksesibilitas ke kekuatan komersial dan redundansi atau akses penuh ke konektivitas yang andal, data center tidak akan berguna. Sementara area geografis mungkin memiliki akses ke jaringan listrik yang andal, pertimbangan lokasi pembangkit listrik utama, gardu induk, dan tempat data center Anda akan dibangun. Untuk konektivitas yang paling andal dan waktu aktif terus-menerus, akses ke berbagai penyedia jaringan tingkat satu sangatlah penting untuk dipertimbangkan. 

5. Pertimbangan Real Estate / Lokasi

Pertanyaannya adalah apakah Anda ingin membangun dari awal atau menemukan bangunan yang cocok untuk dimodifikasi atau dibangun kembali? Apakah ada ruang untuk ekspansi di daerah yang Anda cari? Dan apakah area tersebut dekat dengan bandara? Semua pertanyaan ini harus diajukan ketika memilih lokasi untuk membangun data center. 

Terlepas dari daftar cara di atas, bagaimana Anda memilih lokasi untuk data center sebenarnya tidak serumit kelihatannya. Ketika datang ke data center yang Anda pilih, dapat dikatakan faktor yang paling penting adalah layanan yang ditawarkan, dan kedekatan dengan pengguna Anda. Jika Anda bergerak dalam bisnis kecil dan ingin perusahaan lain menangani kebutuhan hosting Anda, maka Anda harus mencari perusahaan hosting yang akan mendukungnya. Namun, jika Anda mencari lebih banyak otonomi sebagai solusi hosting Anda, maka Anda bisa menemukan data center yang menawarkan co-location

Baca Juga: 5 Cara Supaya Cloud dan Data Center Bisa Sinkron

Sumber : 

https://blog.nexcess.net/how-to-choose-a-data-center-location-best-practices-and-strategy/

https://www.datacenterknowledge.com/industry-perspectives/how-important-location-when-choosing-data-center

https://www.expedient.com/knowledgebase/blog/2015-09-22-the-where-and-why-of-choosing-data-center-location/

Penulis: Rahmawati Ira