13 Jasa Layanan Cloud Storage yang Paling Banyak Digunakan
Foto: elements.envato.com

13 Jasa Layanan Cloud Storage yang Paling Banyak Digunakan

  • Post Category:Technology

Data adalah suatu hal penting bagi setiap orang, itulah sebabnya setiap orang memerlukan media penyimpanan masing-masing yang mereka harus miliki untuk menyimpan semua data mereka. 

Data tiap masing-masing orang akan berbeda kepentingannya, tetapi satu hal yang pasti adalah data itu harus memiliki media penyimpanan yang tidak memberatkan pemiliknya dan tidak menimbulkan kekhawatiran akan hilang atau rusak.

Apa Itu Cloud Storage?

Foto: elements.envato.com

Teknologi 4.0 mengajak kita semua untuk mengenal media penyimpanan baru yang mampu menyediakan memori tanpa perlu menyimpannya secara khusus karena teknologi ini memanfaatkan media digital internet (penyimpanan awan) yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data. 

Cloud storage adalah metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia jasa layanan cloud storage dan mengandalkan koneksi internet untuk menyimpan dan mengaksesnya kembali. 

Informasi dalam cloud storage disimpan dalam sebuah server yang biasanya dikelola pihak ketiga, seperti perusahaan hosting. Perlu diketahui bahwa banyak jasa layanan cloud storage yang menawarkan secara gratis dengan kapasitas tertentu dan untuk penambahan memorinya bisa menggunakan versi berbayar. 

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Data Center?

Keuntungan Menggunakan Jasa Layanan Cloud Storage

Foto: elements.envato.com

Jika Anda masih bingung dan belum bisa memutuskan, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan jasa layanan cloud storage yang harus Anda ketahui.

1. Tidak Membutuhkan Memori Fisik

Berbeda dengan hardisk atau flashdisk yang memiliki bentuk fisik, cloud storage tak memiliki bentuk fisik yang perlu dibawa kemana pun karena data tersimpan di penyimpanan awan internet dan servernya akan dikelola oleh jasa layanan yang menyediakan jasa layanan cloud storage

2. Tidak Akan Terserang Virus

Hardisk, flashdisk, dan perangkat komputer yang sering dihubungkan ke berbagai perangkat sangat berisiko terkena virus sehingga membuat data rusak dan tidak dapat diakses dengan baik. Cloud storage yang tidak memiliki bentuk fisik tidak perlu dihubungkan dengan berbagai perangkat sehingga tidak ada risiko terserang virus. 

3. Mudah Mengakses Data 

Seringkali hardisk dan flashdisk yang tidak mudah terbaca di perangkat karena sebab-sebab tertentu sehingga harus melakukan setting untuk dapat menghubungkan memori fisik tersebut dengan perangkat yang tersambung. Sedangkan untuk mengakses data di cloud storage sangatlah mudah, selama tersambung dengan internet maka data yang berada di cloud storage akan bisa diakses dengan mudah kapan pun dan dimanapun. 

4. Berbagi Data dengan Mudah

Pengguna dapat berbagi data ke pihak lain dengan mudah karena cukup berbagi link dan aksesnya saja.

5. Ramah Lingkungan 

Cloud storage membantu untuk peduli lingkungan dengan tidak menggunakan memori fisik sehingga meminimalisir sampah bekas perangkat penyimpanan memori yang rusak seperti flashdisk, hardisk, DVD, dan lain-lain. 

Baca Juga: Ragam Software ERP yang Sering Digunakan

13 Jenis Jasa Layanan Cloud Storage Terbaik 2020

Foto: elements.envato.com

Jika sudah yakin dengan layanan cloud storage, berikut ini beberapa pilihan jasa layanan cloud storage terbaik 2020 yang bisa Anda gunakan.

1. Google Drive

Mengingat banyaknya pengguna Android di era ini, Google Drive juga menjadi layanan cloud storage yang paling banyak digunakan karena Google Drive sudah terintegrasi dengan pengguna Android. Pengguna Google Drive memiliki kesempatan untuk menyimpan foto dengan resolusi tinggi dan jika mengupgradenya ke Google Drive berbayar akan langsung terintegrasi dengan Google One. Free storage yang dimiliki Google Drive 5GB dan kapasitas penyimpanannya 5TB. 

2. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive memiliki free storage 5GB dan kapasitas penyimpanannya mencapai 6TB. Microsoft OneDrive sudah terintegrasi dengan baik dengan aplikasi raksasa AutoCAD dan Microsoft 10. Microsoft OneDrive sangat fleksibel karena penggunanya bisa berbagi dengan orang pihak yang tidak menggunakan layanan ini. 

Tak hanya berbagi, pihak yang dibagi juga memiliki akses lengkap untuk untuk melakukan editing tanpa perlu download data. Tak sebanding dengan kemudahannya rupanya Microsoft OneDrive memiliki kekurangan tidak adanya ruang gratis yang besar. Penggunanya hanya diberikan 5GB secara gratis dan selebihnya harus melakukan pembayaran. 

3. iDrive

iDrive memiliki kemampuan pengenal wajah dan ini akan sangat memudahkan pengguna dalam mengatur file kemudian menyinkronkannya secara otomatis ke aplikasi yang terhubung. Uniknya, iDrive menawarkan layanan iDrive Express yaitu layanan antar drive fisik berupa flashdisk atau hardisk jika pengguna kehilangan datanya. iDrive memiliki free storage 5GB dan kapasitas penyimpanannya mencapai 10TB untuk iDrive personal. 

4. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan file yang sederhana penggunaannya. Dropbox cukup digemari oleh guru, mahasiswa hingga dosen untuk proses belajar mengajar tetapi Dropbox memiliki kekurangan yaitu lebih mahal dan kurang terintegrasi daripada layanan lain seperti seperti Google Drive, iCloud, dan OneDrive. Dropbox mampu menyimpan kapasitas per filenya hingga 100GB dan free trial 30 hari. 

5. Box (Personal)

Box adalah layanan yang mendukung berbagai aplikasi seperti Office 365 dan G-Suite dan memungkinkan sinkronisasi untuk melihat file di dan dari perangkat apa pun. Kotak aplikasi untuk desktop mencakup Windows dan Mac, sementara seluler dapat menggunakan Android. Pengguna bukan berbayar memiliki akses 10GB gratis. 

Baca Juga: OpenCloud, Managed Cloud Services Terbaik 2020

6. SpiderOak 

SpiderOak tersinkronisasi dengan Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Untuk aplikasi seluler SpiderOak belum memiliki kemampuan optimal (hanya bersifat baca) dan tidak memungkinkan untuk mengunggah data via seluler. SpiderOak memungkin mengunggah maksimum filenya Unlimited dengan free trial 21 hari dan kapasitas penyimpanan per pengguna sebesar 5TB. 

7. Certainsafe

Certainsafe sangat mudah penggunaannya untuk berbagi data dengan pengguna dan bukan pengguna tetapi Certainsafe sangat mengutamakan keamanan daripada kemudahan sehingga jika pengguna lupa password akan sulit mendapatkan kemudahan aksesnya dan hanya bisa membagikan keseluruhan folder bukan datanya. 

8. SugarSync

SugarSync adalah layanan sinkronisasi file dan cadangan online yang sangat intuitif, dengan instalasi sederhana dan sangat mudah digunakan namun kekurangannya adalah mahalnya layanan ini dan pencadangan data online yang lambat. Layanan ini juga tidak menyediakan free trial untuk penggunanya. 

Baca Juga: Permudah Cloud Hosting dengan OpenCloud

9. pCloud

pCloud merupakan layanan cloud storage yang dipakai beberapa media besar seperti Linkedin dan Twitter. pCloud memiliki layanan rewind pCloud sehingga pengguna tidak khawatir akan kehilangan datanya dan pCloud juga menerapkan keamanan untuk melindungi file yang sensitif. Berlawanan dengan segala kelebihannya, pCloud juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan biaya tambahan untuk pCloud Crypto dan Extended File History. 

10. MediaFire

MediaFire menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 10GB hingga 50GB. Namun meski sebesar ini, Anda tidak bisa terhindar dari iklan. MediaFire cukup menjadi favorit karena kecepatan akses dan kemudahan penggunaannya untuk mengelola file baik dengan sesama pengguna maupun nonpengguna. MediaFire juga menampilkan kondisi yang maksimal untuk pengguna Android dan iOS. 

11. Degoo

Tak disangka Degoo sebagai layanan cloud storage, sangat berani memberikan ruang penyimpanan kosong gratis sebesar 100 GB untuk siapapun yang mendaftar dirinya di layanan ini. Untuk ruang penyimpanan lebih besar, Anda dapat mengikuti program friend referral (rujukan teman) untuk mendapatkan tambahan 5GB untuk setiap teman yang dirujuk. 

Tak sebanding dengan besarnya penyimpanan yang disiapkan Degoo, rupanya Degoo memang hanya terfokus pada besar ruangnya saja tanpa memikirkan kecepatan koneksinya sehingga pengguna Degoo harus bersabar untuk melakukan uploading data. 

12. ADrive

ADrive memberikan 50 GB penyimpanan awan gratis dan sudah tersedia di platform android dan iOS. Tapi ada kelemahan menggunakan layanan ini yaitu pengguna dengan akun gratis akan kehilangan fitur terbaik dari ADrive seperti upload file yang mencapai 16 GB dan juga harus rela terganggu dengan iklan di aplikasi ADrive pada Android dan iOS.

13. Verizon

Verizon adalah aplikasi pencadangan data android. Menggunakan Verizon artinya akan mendapatkan 5GB penyimpanan gratis. Verizon menyediakan layanan flashback untuk pengingat data masa lalu dengan fitur mingguan dan CloudView untuk tampilan data seperti foto dan video dengan layar lebih besar. 

Baca Juga: Modul SAP yang Paling Sering Digunakan Perusahaan

Tentang OpenCloud:

Menjadi jasa layanan SAP Cloud Hosting, OpenCloud bersedia memberikan Anda ruang penyimpanan yang ekstra optimal. Tanpa perlu khawatir pemasangan yang rumit, Anda cukup duduk sambil mengakses data dari media pintar Anda. Siap mengetahui lebih banyak? Cek sekarang!

Sumber:

  • https://www.itproportal.com/guides/best-cloud-storage/
  • https://sea.pcmag.com/storage/8885/the-best-cloud-storage-and-file-sharing-services-for-2020
  • https://www.techradar.com/news/the-best-cloud-storage
  • https://www.bitcatcha.co.id/cloud-storage/pcloud/

Penulis: Lintang Zahrima Kalsum