Fungsi Website dan Blog Bagi Bisnis

Fungsi Website dan Blog Bagi Bisnis

Jangan sepelekan fungsi website dan blog bagi bisnis Anda!

Saat ini, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia digital. Dunia digital menjadi pilihan karena dapat dengan mudah diakses kapanpun dan di manapun. 

Dua media digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan adalah website dan blog. Website dan blog dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap serta memberikan info-info terbaru secara cepat. 

Hal inilah yang mendorong banyak perusahaan digital agency untuk menawarkan web design demi memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin membuat profil perusahaan melalui website dan blog

Apa itu Website dan Blog?

apa itu Fungsi Website dan Blog Bagi Bisnis

Foto: Freepik.com

Sebelumnya mari kita ulas pengertian website dan blog.

Website adalah sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain yang biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah. Sementara itu, blog adalah kependekan dari web log yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis. Singkatnya, blog merupakan bagian dari website atau aktivitas yang terjadi dalam website berisi konten-konten yang dikelola seseorang.

Dalam bisnis, blog digunakan untuk memberikan detail produk dan menjadi salah satu tempat menjalin komunikasi dengan target pelanggan. Berikut beberapa fungsi website dan blog bagi bisnis:

1. Eksposur dan Penguatan Merek

Pelanggan bisa terpengaruh merek melalui banyak cara. Berbagai jenis strategi pemasaran tradisional seperti melalui media cetak, papan reklame, surat kabar, majalah, dan radio adalah cara promosi yang baik, tapi sulit untuk menghitung pendapatannya. 

Sedangkan sistem seperti platform Facebook Ads, Google Adwords (Google Ads), dan iklan melalui media online lainnya memberikan potensi penargetan merek yang sangat terfokus hingga kode pos atau demografi pelanggan.

Situs web Anda kemudian memiliki kesempatan untuk memperkuat merek Anda dengan menyediakan konten yang relevan, bermanfaat, dan mudah diingat bagi target pasar Anda. Ini akan memberikan pengalaman yang lebih menyentuh untuk pelanggan Anda.

2. Keterlibatan Pelanggan atau Klien

Dengan membuat hubungan spesial ke pelanggan seperti akses ke nomor telepon, email, atau saluran sosial Anda, artinya Anda mengizinkan pelanggan untuk berhubungan dengan Anda, entah untuk mengajukan pertanyaan atau untuk memenuhi syarat calon pelanggan atau akuisisi. 

Baca juga: Tantangan Big Data dan Ancamannya Bagi Perusahaan

3. Menyediakan Aksesibilitas Sepanjang Waktu

Situs web menyediakan akses ke audiens target Anda sepanjang waktu. Bahkan ketika Anda dan tim Anda telah check out, situs web Anda masih bekerja keras untuk membawa lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda. Bayangkan berapa banyak lagi penjualan yang bisa Anda hasilkan jika Anda tidak pernah tidur. Untungnya, Anda tidak perlu berhenti tidur untuk menjangkau pelanggan Anda 24/7 sekalipun.

Dengan situs web, Anda menyediakan tempat bagi pelanggan untuk melihat merek Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan Anda sepanjang waktu, siang atau malam.

4. Edukasi Pelanggan

Apa cara yang paling baik untuk mendidik pelanggan Anda tentang produk atau layanan Anda? Konten di situs Anda dapat disesuaikan dengan kemungkinan pencarian kata kunci dan memberikan informasi yang jelas yang mendukung pilihan mereka untuk produk atau layanan Anda.

Dengan menyediakan konten yang bernilai dan edukatif, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Situs web Anda tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk membangun kredibilitas dan otoritas, tetapi juga membantu Anda membedakan diri dari pesaing karena web Anda akan berisi “jati diri bisnis Anda”. Itulah mengapa situs web setiap perusahaan akan unik sesuai karakternya masing-masing. Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan pada pelanggan tentang apa yang membedakan bisnis Anda dari yang lain melalui konten yang disesuaikan.

5. Manajemen Reputasi

Pentingnya situs web untuk membangun reputasi juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis.

Bagaimana sebuah situs web membantu Anda membangun reputasi? Situs web memungkinkan pelanggan untuk melihat merek Anda. Selain memamerkan produk dan layanan Anda, Anda juga dapat memberitahu pelanggan tentang perusahaan Anda dan misinya.

Dengan membantu pelanggan mengenal bisnis Anda, Anda dapat membangun kepercayaan sebagai langkah pertama dalam membangun hubungan pelanggan yang tahan lama.

Konten yang Anda buat dan publikasikan di situs Anda membantu menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mengetahui barang-barang yang Anda jual.

Baca juga: Apa Perbedaan Webhook dan API

6. Konversi

Dengan memberikan semua detail yang akan mendukung keputusan pembelian dan menyediakan cara mudah untuk menyelesaikan transaksi, Anda dapat menangkap sebagian dari keputusan pembelian tersebut. 

Dengan memudahkan pengunjung untuk menelusuri dan membeli produk Anda secara online, Anda membuat mereka senyaman mungkin untuk dikonversi menjadi pelanggan. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak secara fisik harus berada di sana untuk tetap menuai keuntungan dari penjualan. Sebab, website Anda yang akan bekerja.

Situs web berfungsi sebagai tenaga penjualan digital pribadi Anda sendiri. Situs Anda memberi pelanggan apa yang perlu mereka ketahui tentang produk, melakukan penjualan, dan mengumpulkan informasi pembayaran mereka secara online. Itulah mengapa pemilik bisnis yang cerdas membangun situs web mereka sendiri untuk menunjukkan apa yang dapat mereka tawarkan kepada pelanggan.

Penjelasan fungsi website dan blog bagi pelaku bisnis yang sudah dipaparkan di atas membuat kita sadar bahwa website yang telah kita bangun sangatlah membutuhkan blog yang secara regular dijalankan oleh tim. Keduanya dapat menjadi senjata pemasaran yang ampuh untuk produk Anda. 

Jika Anda berpikir sudah memiliki website dan tidak perlu membangun blog untuk produk Anda, maka Anda perlu menyimak beberapa hal berikut!

Peran Blog dalam Website Bisnis

Fungsi Website dan Blog Bagi Bisnis search

Foto: Freepik.com

Blog bisnis sama pentingnya dengan pemasaran bisnis. Blog bisnis adalah saluran pemasaran yang membantu bisnis meningkatkan visibilitas online, kesadaran akan merek, jumlah pelanggan blog, dan mendukung pertumbuhan bisnis.

1. Menambahkan Konten ke Situs Web 

Blogging adalah metode yang sangat populer untuk menambahkan konten ke situs web. Untuk mencapai dampak paling besar, blog harus berkaitan tentang bisnis/industri dan produk Anda. Jika tidak melibatkan salah satu dari subjek ini, jangan sertakan di situs web bisnis Anda. Kalau Anda melakukannya, itu akan merusak kredibilitas dan status otoritatif yang harus dimiliki situs web Anda agar berhasil di internet. 

2. Menjawab Pertanyaan

Ketika orang menghubungi Anda dan mengajukan pertanyaan menarik, ini adalah kesempatan untuk menjawabnya melalui blog. Cobalah membuat blog dengan audiens sebanyak mungkin. 

3. Menambahkan Kata Kunci dan Frasa Kunci ke Situs Web 

Semakin banyak kata kunci dan frasa kunci yang disertakan dalam situs web Anda, semakin besar peluang situs web Anda akan mendapat peringkat tinggi oleh Google (top search). Jika dilakukan dengan benar, blogging menyediakan metode luar biasa untuk meningkatkan kata kunci dan frasa Anda yang relevan, salah satunya dengan ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Baca juga: 10 Jenis Cyber Crime

4. Membantu Mengarahkan Lalu Lintas ke Situs Web Anda

Setiap kali Anda membuat dan menerbitkan postingan di blog, itu merupakan satu halaman yang diindeks di situs web Anda. Berarti satu lagi kesempatan bagi Anda untuk muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) yang mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. 

Desain situs profesional mencakup layanan SEO yang memastikan pelanggan dapat menemukan situs Anda secara online. Hal tersebut merupakan satu isyarat bagi Google dan mesin telusur lain bahwa situs web Anda aktif, dan mereka akan sering memeriksa untuk melihat konten baru apa yang muncul.

Siap Membangun Website untuk Bisnis Anda? 

Fungsi Website dan Blog Bagi Bisnis belanjaFoto: Freepik.com

Manajemen situs web Anda harus selalu menyertakan blogging. Google tidak menghargai situs web yang diluncurkan dan kemudian tidak pernah menambahkan konten tambahan apapun. Dalam waktu yang sangat singkat, situs web semacam itu akan diabaikan oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Blogging mungkin terdengar sepele. Namun, jika Anda menggunakan metode menambahkan konten dan kata kunci ini ke situs web bisnis Anda, Anda akan merasakan keuntungan besar. Bukankah itu yang Anda inginkan untuk situs web bisnis Anda? 

Tentang OpenCloud

OpenCloud adalah penyedia layanan hosting terbaik bagi bisnis Anda. Coba sendiri secara gratis dengan menghubungi kami di sini.

Sumber:

Foto utama: Freepik.com