6 Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan
Foto: elements.envato.com

6 Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan

  • Post Category:Technology

Permasalahan yang sering timbul dalam teknologi informasi adalah kurangnya memori penyimpanan. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan maka akan semakin banyak memakan memori. Hal ini mendukung cloud computing sebagai solusi dari permasalahan di atas. 

Cloud computing adalah sistem berbasis cloud (penyimpanan awan) yang penggunanya akan melakukan pengolahan data komputasi melalui internet. Pengguna cloud computing tidak perlu install aplikasi karena internet akan mengirimkan perintah komputasinya ke pusat server kemudian internet akan mengantarkannya kembali (feedback) dari pusat server kepada pengguna berupa hasil perintah olahan data. 

Untuk melakukan cloud computing, pengguna cukup log in menggunakan akun di internet untuk mengolah data, dengan begitu pengguna tidak akan terbebani memori karena datanya disimpan secara virtual di internet. Pengguna juga dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu selama terhubung dengan internet. 

Baca juga: Sejarah Perkembangan Cloud Computing

Jenis Layanan Cloud Computing

 

Foto: elements.envato.com

Sebelum membahas contoh cloud computing, perlu diketahui jenis layanan yang disediakan dalam cloud computing:

1. Software as a Service (SaaS)

Layanan yang sudah tersedia platform dan infrastrukturnya. Pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa perlu memikirkan lisensi. Pengguna dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Contoh SaaS adalah Google Mail, Linkedin, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

2. Platform as a Service (PaaS)

Layanan yang sudah tersedia platformnya. Pengguna dapat mengontrol pengoperasian aplikasinya dan berfokus pada pengembangan aplikasinya tanpa harus memikirkan sistem operasi, database, jaringan. Contoh dari PaaS adalah Microsoft Azure Investment, Amazon Web Service, dan lain-lain.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Layanan yang sudah tersedia infrastrukturnya seperti storage dan jaringan. Pengguna memiliki akses untuk konfigurasi  secara virtual sehingga memiliki kontrol terhadap sistem dan aplikasinya. Contoh dari IaaS adalah TelkomCloud, Simple Storage Service, dan lain-lain.

Baca Juga: Ulasan Lengkap tentang Cloud Services

Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan

Foto: elements.envato.com

Tanpa kita sadari, kita sudah sedikit banyak menggunakan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh  cloud computing yang sering digunakan:

1. Google Drive

Google Drive adalah salah satu contoh cloud computing yang sering digunakan juga. Penggunanya tidak perlu install aplikasi drive. Hanya dengan memiliki akun Google Mail maka penggunanya langsung bisa akses Google Drive dan aplikasi lain milik Google seperti Google Meet, Google Classroom, dan lain-lain

2. Media Sosial

Media sosial juga merupakan contoh cloud computing. Kemampuannya tak hanya via aplikasi yang harus di install namun juga optimal di versi web. Media sosial yang sering diakses melalui versi web antara lain Youtube, Linkedin, Facebook, dan lain-lain.

3. Dropbox

Dropbox menjadi salah satu contoh cloud computing yang sering digunakan terutama oleh mahasiswa. Dropbox memungkinkan untuk menyimpan dan membagikan file secara mudah. 

4. Bidang Kesehatan

Alat-alat kedokteran juga sudah sudah menerapkan sistem cloud diantaranya Telemedicine yaitu alat komunikasi jarak jauh antara tenaga kesehatan dengan pasien dan juga sebagai media perantara transfer data medis dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Tidak hanya Telemedicine, cloud computing juga diterapkan di Electronic Health Records, dan analisis Teleradiology.

5. Bidang Pendidikan

Cloud computing yang diterapkan di bidang pendidikan antara lain Google Talk, Google Video for Education, dan Google Classroom. Semua aplikasi ini dapat lebih memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. 

6. Bidang Pemerintahan

Bidang pemerintah juga sudah menerapkan cloud computing. Contoh cloud computing di bidang pemerintahan adalah layanan jasa alih daya pengelolaan TIK oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan penerapan cloud computing dalam sistem kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Baca juga: 5 Cara Supaya Cloud dan Data Center Bisa Sinkron

Tanpa disadari ternyata selama ini kita sudah sedikit-banyak menerapkan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari dan merasakan manfaat dan kemudahannya secara langsung. 

Tentang OpenCloud:

OpenCloud akan menjadi pilihan layanan terbaik bagi bisnis anda dalam pelayanan sebagai jasa layanan SAP Cloud Hosting. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadikan bisnis anda semakin powerful. Hubungi kami di sini dan rasakan manfaatnya.

Sumber:

  • Rumetna, Matheus. 2018. Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). 5(3): 305-314.
  • https://idcloudhost.com/
  • https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/cloud-computing/
  • https://www.progresstech.co.id/
  • https://bogor.net/
  • http://asihcahyani28.blogspot.com/2017/06/implementasi-cloud-computing-di.html

Penulis: Lintang Zahrima Kalsum