Apa itu Enterprise Resource Planning (ERP)?
Foto: Freepik.com

Apa itu Enterprise Resource Planning (ERP)?

  • Post Category:Technology

Ada banyak sistem yang diperlukan untuk menjalankan suatu perusahaan, seperti keuangan, SDM, manufaktur, layanan, pengadaan, dan lainnya. Pada dasarnya setiap perusahaan membutuhkan proses ERP untuk memudahkan jalannya perusahaan. 

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah perencanaan sumber daya perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnis mereka. Banyak software ERP yang penting bagi perusahaan karena mereka membantu mengimplementasikan perencanaan dan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan. Sistem pada software ERP juga dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian, persediaan, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi. 

Tujuan utama dari sistem ERP adalah meningkatkan efisiensi organisasi dari suatu perusahaan, ERP juga ikut serta mengelola dan meningkatkan sumber daya perusahaan. 

Baca Juga: 8 Manfaat Software ERP sebagai Solusi IT Berbasis Bisnis

Manfaat ERP (Enterprise Resource Planning)

Foto: Unsplash.com

Berikut manfaat dari (ERP) Enterprise Resource Planning bagi Perusahaan Anda:

1. Meningkatkan Produktivitas 

Pekerja akan lebih produktif. Karena beberapa pekerjaan tidak perlu dikerjakan lagi. Mereka bisa lebih fokus mengerjakan suatu tugas atau proyek tanpa terganggu. 

2. Menyederhanakan Proses Bisnis

Sistem ERP menyederhanakan segala proses yang ada di perusahaan, seperti perencanaan produksi, pelacakan inventaris, laporan keuangan, dan lain-lain. 

3. Menghemat Biaya 

Sistem ERP dapat mengurangi biaya administrasi dan operasional dalam perusahaan. Dalam satu aplikasi, ERP bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus sehingga perusahaan tidak perlu biaya yang lebih untuk membeli banyak aplikasi. 

4. Efisiensi Waktu 

Perlahan pekerjaan manual dalam perusahaan akan hilang. Sistem ERP akan membantu membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

5. Mengintegrasikan Informasi 

Software ERP dapat memudahkan setiap departemen dalam perusahaan saling mengakses informasi tanpa mengganggu pekerjaan mereka. 

6. Melindungi Keamanan Data 

Keamanan data adalah hal yang sangat krusial dalam perusahaan. Sistem ERP akan melindungi data perusahaan dengan lebih baik, karena terdapat pembatasan data yang dapat di kontrol yang dikelola oleh admin. 

Ada tiga jenis sistem ERP yang berfungsi dengan opsi yang berbeda. Jenis ERP paling umum adalah Cloud ERP, On-Premise ERP, dan Hybrid  ERP.

1. On-Premise ERP 

On-Premise ERP mengharuskan perusahaan memiliki hardware seperti server khusus perusahaan sendiri. Hal ini menyebabkan biaya yang lebih banyak dan pemeliharaan yang lebih intens. 

2. Cloud ERP

Berbeda dengan On Premise, ERP Cloud tidak mengharuskan perusahaan memiliki server khusus sehingga semua data dapat disimpan di cloud. ERP akan membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih sedikit dibandingkan yang lain sehingga usaha-usaha kecil sampai menengah pun bisa menggunakannya. 

3. Hybrid ERP 

Hybrid ERP menjalankan perusahaan untuk menggunakan software di bawah kendali mereka sendiri. Biasanya Hybrid ERP menggunakan server sekaligus menyimpan sebagian datanya di cloud.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Menggunakan ERP untuk Bisnis Anda

Untuk Industri Apa ERP Digunakan? 

Foto: Unsplash.com

Software ERP dapat digunakan dalam industri apapun untuk membantu bisnis menjadi lebih efisien. ERP menyediakan alat komunikasi yang efektif untuk mengelola informasi antara departemen internal dan eksternal, membantu kegiatan sehari-hari untuk mengelola proyek, melacak kepatuhan terhadap pedoman, dan menangani keseharian dalam menjalankan bisnis. 

Software ERP sangat beragam dan merupakan bagian penting dari banyak industri, termasuk: 

  • Manufaktur
  • Konstruksi
  • Elektronik dan Teknologi
  • Otomotif
  • Kesehatan
  • Agribisnis
  • Makanan dan Minuman
  • Perhotelan
  • Barang Konsumsi dan Eceran

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dibuat untuk memudahkan jalannya perusahaan dan meningkatkan penjualan. Penting bagi perusahaan Anda untuk menggunakan sistem ERP, agar dapat memenangkan persaingan di industri Anda. Dengan sistem yang lebih fleksibel, ERP akan mengukur pertumbuhan bisnis Anda. Dengan software ERP, UKM pun dapat bersaing secara efektif di bidangnya. 

Baca Juga: Ragam Software ERP yang Sering Digunakan

Sumber: 

https://godlan.com/syteline-erp-manufacturing-software/what-is-erp-enterprise-resource-planning-/

https://www.qad.com/what-is-erp

https://www.sap.com/sea/products/what-is-erp.html

https://www.investopedia.com/terms/e/erp.asp

Penulis: Rahmawati Ira