Apa itu SAP Service Cloud?
Foto: freepik.com

Apa itu SAP Service Cloud?

  • Post Category:SAP

SAP (System Application and Product in Data Processing) telah berubah menjadi kebutuhan penting bagi bisnis terutama yang berskala besar. Organisasi yang kompleks dalam bisnis berskala besar menjadi faktor utama pengimplementasian SAP. 

Tak bisa dipungkiri, SAP telah menjelma menjadi mesin utama untuk menjalankan proses bisnis dengan kemampuannya yang dapat mengintegrasikan semua bagian dalam organisasi bisnis, mulai dari perencanaan bahan baku produksi (modul MM), perencanaan produksi (modul PP), pengelolaan kualitas produksi (modul QM), pengelolaan keuangan (modul FICO), pengelolaan sumber daya manusia (modul SDM), pengawasan rantai pasok (modul SCM), perencanaan penjualan dan pengawasan distribusi barang (modul SD) hingga pengawasan keseluruhan sistem (modul PM). 

Kemampuan SAP yang optimal kemudian harus didukung dengan kemampuan pelaku bisnis dalam menjaga staminanya yaitu kapasitas penyimpanan (storage) dan keamanan data baik fisik maupun non fisik. Tidak hanya itu, kemudahan instalasi server dan fleksibilitas menjadi kunci utama untuk mewujudkan sistem SAP yang optimal. 

Baca Juga: Manfaat Penggunaan SAP bagi Perusahaan

Dengan kapasitas terbatas tentu akan menambah daftar pekerjaan untuk mengatur memorinya dan dibutuhkan sistem penjamin keamanan server yang teruji untuk menjaga semua datanya. Belum lagi pelaku bisnis harus melakukan instalasi pemasangan server untuk mengatur semua proses bisnis yang dilakukan dalam sistem dan juga harus mengatur akses data yang akan dilakukan oleh pengguna mereka. 

Seputar SAP Service Cloud

Foto: elements.envato.com

Melihat tantangan tersebut, SAP Service Cloud akan menjawab semua tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis pengguna SAP. SAP Service Cloud adalah seperangkat sistem SAP yang disimpan di dalam server cloud (internet) sehingga penggunanya tidak perlu melakukan instalasi aplikasi khusus untuk mengakses datanya. 

Sistem cloud yang merupakan perpaduan sistem komputasi dengan teknologi internet mampu mewujudkan sistem SAP yang dapat digunakan secara optimal oleh pengguna. SAP Service Cloud akan menjamin kapasitas penyimpanan dan keamanan data yang tersimpan dalam server cloud sesuai keinginan pelaku bisnis. 

Sistem cloud yang diimplementasikan dalam SAP Service Cloud juga mewujudkan pengguna untuk menggunakan SAP tanpa install sistem di perangkat dan kemudahan akses data dengan internet yang sudah terhubung terhadap cloud SAP mereka. 

Pelaku bisnis tidak perlu melakukan instalasi di perusahaannya. Mereka cukup menyerahkan semua tantangan ini kepada vendor penyedia SAP Service Cloud melalui kerjasama yang mereka sepakati. 

Pelaku bisnis cukup membayar apa yang mereka dapatkan dan inginkan dari sistem yang diatur dan dijaga oleh vendor (pay as you get). Mereka bisa mengakses data mereka melalui internet yang langsung tertuju ke server sehingga semua aksi pengguna terhadap SAP akan dijalankan oleh server yang tersimpan di cloud. 

Sama halnya dengan kemudahan mengakses email melalui internet, penggunanya tidak perlu install sistem email (aplikasi) di perangkat tetapi bisa langsung ke browser dengan pencarian email web di internet. 

Baca Juga: 5 Cara Memaksimalkan SAP HANA sebagai Solusi IT

Keuntungan Menerapkan SAP Service Cloud

Foto: elements.envato.com

Banyak keuntungan yang akan didapatkan pelaku bisnis dengan menerapkan SAP Service Cloud, antara lain:

1. Aman

Penyimpanan data di perangkat seperti hardisk atau perangkat komputer akan menimbulkan resiko keamanan yang besar seperti virus dan corrupt. Penyimpanan data di cloud yang diatur dalam server akan membuat data lebih aman daripada disimpan di perangkat.

2. Tahan lama

Penyimpanan di perangkat seperti hardisk dalam jangka lama memiliki resiko kerusakan alat. Penyimpanan di cloud memungkinkan data akan tersimpan tanpa khawatir resiko kerusakan.

3. Mudah

Cukup bermodal jaringan internet tanpa perlu install sistem fisik, seluruh pengguna yang terlibat dalam proses bisnis mampu mengakses data yang mereka butuhkan melalui internet.

4. Cepat

Kemudahan akses data melalui internet kapanpun dan dimanapun dan berbagai aksi dari mulai perencanaan, perubahan hingga persetujuan oleh seluruh penggunanya mewujudkan akses data yang cepat dan fleksibel. Hal ini akan mewujudkan proses bisnis yang berjalan cepat.

5. Hemat

Biaya instalasi dan perawatan sistem tanpa cloud sangat besar belum lagi tantangan terjadinya kerusakan fisik saat instalasi atau perawatan. Hal ini dapat menghambat proses bisnis yang berimbas kepada kerugian finansial sehingga dengan penerapan SAP Service Cloud ini akan jauh lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan karena semua datanya telah tersedia di internet tanpa perlu khawatir datanya akan hilang. 

Baca Juga: Intip 5 Fakta SAP Business One Sebagai Solusi IT Terbaik

Nah, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dari penggunaan SAP Cloud Service. Sudah siapkah bisnis anda untuk merasakan semua keuntungan ini?

Tentang OpenCloud:

OpenCloud merupakan perusahaan jasa layanan SAP Cloud Hosting yang siap membantu perusahaan Anda mencapai performa terbaiknya. Dengan bergabung bersama OpenCloud, Anda akan mendapatkan semua keuntungan dari penerapan SAP Service Cloud untuk bisnis anda. Tertarik dengan OpenCloud? Kunjungi situs web kami di sini.

Sumber:

  • https://www.fis-gmbh.de/en/products-services/c4hana-sap-service/
  • http://dsi.unissula.ac.id/
  • https://www.capgemini.com/2019/09/what-is-sap-service-cloud/
  • https://itelligencegroup.com/us/products/sap-hybris/sap-hybris-service-cloud/
  • https://sycor-group.com/de-en/sap-for-smes/solutions/sap-c-4hana/sap-service-cloud.html
  • https://www.sybit.com/solutions/sap-service-cloud/
  • http://blog.wowrack.co.id/

Penulis: Lintang Zahrima Kalsum