Apa Itu SAP Cloud Platform?
Foto: elements.envato.com

Apa Itu SAP Cloud Platform?

  • Post Category:SAP

Bermula dari kebutuhan konsumen yang semakin tinggi terhadap performa sistem Enterprise Resource Planning, SAP terus mengembangkan produknya hingga versi ke-4 yang disebut SAP 4 HANA (S/4HANA). 

Tak cukup sampai di sana, teknologi cloud platform yang merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengeksplor lebih jauh lagi, rupanya dilirik SAP untuk menyempurnakan produknya. 

Teknologi terkini yang sedang marak adalah S/4HANA Cloud Platform. SAP Cloud Platform adalah produk yang menggunakan SAP HANA sebagai layanan inti dan menyediakan database bersifat in-memory

Mengutip kabar baik dari Press Release, 7 September 2018 SAP SE mengumumkan bahwa SAP Cloud Platform saat ini telah menjadi platform aplikasi yang dipilih oleh lebih dari 10  ribu perusahaan di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: 5 Cara Memaksimalkan SAP HANA sebagai Solusi IT

Mengapa Harus SAP Cloud Platform?

Foto: elements.envato.com

SAP Cloud Platform adalah fondasi dari intelligent enterprise, menyediakan platform terbuka dan lincah yang membantu memberikan inovasi dengan mengintegrasikan aplikasi yang kompleks

SAP Cloud Platform mampu mengakomodir semua pelaku utama dalam organisasi bisnis yaitu tenaga kerja, pelanggan, pemasok, dan finansial dengan layanan cloud public

SAP Cloud Platform memiliki cakupan meliputi fungsi perkembangan aplikasi yang komprehensif yang memungkinkan bisnis untuk membangun aplikasi cloud khusus dan tetap kompetitif, memperluas penerapannya untuk memanfaatkan investasi yang ada, dan mengintegrasikan sistem IT untuk mengoptimalkan proses bisnis. 

Baca Juga: Intip 5 Fakta SAP Business One Sebagai Solusi IT Terbaik

Keuntungan Penerapan SAP Cloud Platform 

Foto: elements.envato.com

Berikut ini beberapa keuntungan penerapan SAP Cloud Platform yang bisa Anda nikmati.

1. Tata Kelola Sistem yang Lebih Baik 

Sejalan dengan kebutuhan konsumen, SAP telah meng-upgrade dirinya dalam segi kompleksitas sistemnya agar cukup untuk mengelola semua kebutuhan organisasi bisnis sehingga mewujudkan kemudahan penggunaan dan pengelolaan.

2. Memecahkan Masalah Lebih Kompleks

Seringkali organisasi atau workflow yang dimiliki suatu bisnis usaha cukup rumit untuk dijalankan secara manual. SAP Cloud Platform akan membantu pelaku bisnis menyesuaikan kebutuhannya dengan kemampuan sistem dalam memecahkan workflow yang kompleks. Sistemnya yang lengkap akan menerjemahkan permasalahan yang ada untuk dapat dijalankan dalam sistem.

3. Mampu Menangani Jumlah Data yang Lebih Besar

Pelaku bisnis tak perlu khawatir perihal database. Teknologi cloud yaitu penyimpanan data di komputasi awan, mampu menerima data tak terhingga. 

4. Transaksi & Analisa Data Real Time terhadap Perubahan

In-memory mewujudkan data untuk dapat diakses secara real time pun jika ada perubahan data yang dilakukan oleh satu pelaku maka seluruh pelaku yang terlibat akan langsung dapat mendapatkan update perubahannya.

5. Return On Investment (ROI) yang Lebih Cepat

Laba merupakan hal yang penting untuk diketahui dengan cepat. SAP Cloud Platform yang memiliki modul komplek dengan integrasi lengkap mampu menghitung ROI dengan cepat sehingga pelaku bisnis dapat cepat mengetahui dan melakukan evaluasi bisnis. 

6. Peningkatan Business Agility Akan Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas

Organisasi bisnis yang berbeda-beda mulai dari yang simple sampai yang rumit bahkan cenderung berubah-ubah tentu menjadi tantangan tersendiri dalam pengimplementasianya di sistem ERP. SAP Cloud Platform menjawab masalah ini dengan menghadirkan kelincahan sistem yang lebih tinggi dalam menanggapi workflow bisnis yang kerap kali berubah sehingga sistem akan cepat beradaptasi terhadap perintah baru yang diberikan. 

7. Total Biaya Kepemilikan yang Lebih Rendah

Layanan menggunakan cloud platform ini membantu Anda untuk memangkas pengeluaran perawatan sistem yang banyak. Tentu saja karena pelaku bisnis tidak perlu memerlukan biaya set up, maintenance, dan biaya penambahan memori rutin yang harus dilakukan sendiri. 

8. ERP yang Lebih Cerdas 

Teknologi yang baru ini tentu memiliki kemampuan yang lebih cerdas dari sebelumnya sehingga pengguna teknologi baru (upgrade) dalam Enterprise Resource Planning akan merasakan sistem yang lebih lengkap.

9. Mempercepat Integrasi di Seluruh Rantai Nilai

Kemampuan integrasi berbagai modul dan pelakunya sangat lengkap dan terpadu sehingga semua sudah terhubung dan dapat dijalankan dalam satu sistem SAP. Tentu paket komplit ini akan mempercepat rantai nilai yang berjalan dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Promo SAP ECC, Penawaran Terbaru & Menarik dari Opencloud

Kapan SAP Cloud Platform Digunakan?

Foto: elements.envato.com

Mengutip dari Press Release, Björn Goerke, Chief Technology Officer, SAP, dan presiden SAP Cloud Platform mengatakan, “Inovasi dan kesuksesan pelanggan kami adalah inti dari semua yang kami lakukan di SAP. SAP Cloud Platform dirancang untuk membantu pelanggan kami dengan mudah menyelesaikan inisiatif transformasi digital mereka untuk menjadi bisnis yang dijalankan paling baik.

Salah satu pelaku bisnis pengguna SAP Cloud Platform, Ronald Lanjouw sebagai Business Development and Technology Officer Waterwatch mengatakan, “Kami menggunakan SAP Cloud Platform untuk mengembangkan aplikasi Crop Disease Alert kami, dan nyatanya sangat fleksibel dan mudah digunakan. SAP memainkan peran besar dalam kesuksesan kami.” 

SAP Cloud Platform sangat tepat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi atau produk suatu bisnis. Tak hanya itu, SAP Cloud Platform menjadi pertolongan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan organisasi bisnis agar produktivitas dapat tercapai. 

Segala manfaat SAP Cloud Platform ini akan anda rasakan untuk bisnis Anda. Siap pesan?

Baca Juga: 4 Cara Menjadi Profesional SAP yang Efektif

Tentang OpenCloud: 

OpenCloud sebagai jasa layanan SAP Cloud Hosting menyarankan Anda untuk merasakan berbagai manfaat dari penerapan teknologi cloud. Apapun yang terbaik bagi bisnis Anda, kami siap membantu. Klik untuk mengetahui caranya!

Sumber:

  • https://www.sap.com/products/cloud-platform.html
  • https://atos.net/en/solutions/atos-business-accelerators/sap-cloud-platform
  • https://www.cloudfoundry.org/the-foundry/sap-cloud-platform-service-sap-hana/
  • https://www.sap.com/products/hana.html
  • https://learning.sap-press.com/sap-hana
  • https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/reading/scp?category=cloud
  • http://www.monsoonacademy.com/article/2689/SAP-HANA-Dengan-Cloud-Platform.html
  • https://datacommcloud.co.id/
  • https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/4KZ4y7gb-layanan-sap-kini-terintegrasi-dengan-alibaba-cloud

Penulis: Lintang Zahrima Kalsum