5 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Tidak Lembur
Foto: pexels.com

5 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Tidak Lembur

  • Post Category:Lifestyle

Bekerja lembur atau overtime sudah tidak asing lagi di telinga pekerja kantoran, freelancer, hingga pekerja pabrik. Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan selesai sebelum waktu deadline, mau tidak mau membuat karyawan menambahkan waktu bekerja.

Menurut penelitian, bekerja lembur bisa membuat kesehatan terganggu dan berakibat buruk di lingkungan kerja, lho. Nah, agar tidak lagi bekerja lembur, Anda harus pintar mengatur waktu sejak pagi hari hingga sore hari.

Yuk, kita simak 5 tips manajemen waktu di kantor agar tidak lembur.

1. Tidak Lagi Menunda Pekerjaan

Foto: pexels.com

Rasa malas memang kadang menghinggap dalam diri karyawan yang berakibat menunda pekerjaan yang seharusnya dikerjakan. Mulai sekarang, hilangkan rasa malas tersebut, Anda harus segera menyelesaikan laporan yang menumpuk. Tanamkan mindset kalau Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup di esok hari untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Internet Kantor Mati

2. Membuat Rencana Kerja

Foto: pexels.com

Saat pagi, Anda dapat membuat list yang berisi rencana kerja dan waktu pengerjaan untuk satu hari tersebut. Dengan begitu, Anda akan bekerja secara terstruktur, jika sudah mengerjakan satu tugas, bisa berlanjut ke tugas berikutnya dengan melihat rencana kerja yang sudah dibuat.

3. Fokus dan Tidak Multitasking

Foto: pexels.com

Rencana kerja yang sudah dibuat tidak akan berakibat positif jika tidak fokus dalam menjalaninya. Jangan mudah ter-distract oleh rekan kerja yang sedang mengobrol hal yang tidak perlu dibicarakan.

Multitasking memang baik, tapi ternyata bekerja multitasking berakibat otak akan bekerja lebih keras dan menyebabkan pikiran cepat lelah dan menjadi stres. Fokus hanya pada satu pekerjaan adalah kuncinya!

Baca Juga: 6 Keuntungan Bekerja di Kantor Layanan Teknologi Informasi

4. Beristirahat

Foto: pexels.com

Jangan menyepelekan jam istirahat, apalagi sampai masih bekerja saat memasuki jam makan siang. Apabila di sela-sela kesibukan merasa lelah dan suntuk, coba berkeliling di sekitar ruang kerja, Anda akan merasa rileks dan pikiran kembali jernih untuk membereskan tugas yang ada.

5. Evaluasi di Sore Hari

Foto: pexels.com

Tips terakhir, coba review apa saja yang telah Anda kerjakan hari ini, lalu apakah sudah dimanfaatkan secara tepat? Setelah mendapatkan jawaban, Anda akan menilai apa saja yang kurang dan kelebihan yang harus dipertahankan untuk dilakukan di hari selanjutnya. Efek yang didapatkan adalah Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan jam lembur pun bisa dihindari.

Baca Juga: Kenapa Harus Mempertimbangkan Managed Services dalam Perusahaan Anda?

Demikian 5 tips manajemen waktu di kantor yang bisa Anda lakukan agar tidak masuk jam lembur dan pekerjaan menumpuk bisa diatasi. Semoga berhasil!

Tentang OpenCloud:

Bila perusahaan Anda menggunakan SAP dan berminat beralih dari server menjadi cloud platform, segera kunjungi situs web OpenCloud untuk informasi lebih lanjut. Tidak hanya menyediakan cloud untuk SAP, OpenCloud pun hadir untuk mengatasi berbagai masalah di bidang IT pada perusahaan Anda. Klik di sini untuk mampir ke situs web kami.

Sumber:

  • https://blog.talenta.co/learning/trik-mengatur-waktu-agar-tak-kerja-lembur-di-kantor/
  • https://www.qmfinancial.com/2019/04/efektifkan-waktu-kerja-di-bulan-puasa/

(MS)