6 Tips Aman Bekerja Saat Pandemi Corona
Foto: Freepik.com

6 Tips Aman Bekerja Saat Pandemi Corona

  • Post Category:Lifestyle

Bekerja saat pandemi corona memang sangat berisiko, apalagi ketika harus beraktivitas diluar rumah dan bertemu banyak orang. Bekerja saat pandemi tentunya sangat berbeda saat bekerja sebelum pandemi, banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga diri dari serangan virus mematikan ini. 

Saat New Normal dimulai, banyak perusahaan yang mulai mengizinkan pekerjanya untuk mulai bekerja di kantor walaupun hanya sekitar 50%. Hal ini melahirkan banyak kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalani rutinitas bekerja. Berikut 6 tips aman bekerja saat pandemi corona:

1. Jangan Lepas Masker

Foto: Freepik.com

Masker adalah benda wajib yang tidak boleh dilepas saat kita beraktivitas di luar rumah, termasuk di kantor. Masker baik digunakan saat keluar rumah, dalam perjalanan ke kantor, dan selama bekerja ataupun berinteraksi dengan teman kantor. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus dari mulut dan hidung. Saat ini pemerintah bahkan mengeluarkan peraturan agar yang tidak menggunakan masker akan dikenakan denda. 

2. Bawa Hand Sanitizer

Usahakan untuk selalu membawa hand sanitizer di dalam tas Anda, hal ini untuk menjaga tangan Anda tetap bersih dan terhindar dari virus. Jika tidak mempunyai hand sanitizer, Anda wajib mencuci tangan sesering mungkin, agar kuman dan virus tidak menempel di tangan Anda. Saat ini, Anda harus memastikan kuman dan virus tidak mau menempel di tangan Anda, untuk mencegah penularan virus. 

Baca Juga: 6 Resolusi Karier untuk Tahun 2020

3. Hindari Menyentuh Barang Sembarangan

Foto: Freepik.com

Kita sering kali tanpa sadar menyentuh barang-barang yang ada di sekitar kita, seperti tombol lift, pintu, finger print, pegangan tangga. Saat pandemi corona ini, usahakan untuk tidak menyentuh barang-barang tersebut sembarangan, karena risiko virus menempel sangat besar.

Jika Anda terpaksa menyentuh barang-barang tersebut, maka segera cuci tangan Anda dengan sabun atau gunakan hand sanitizer agar tangan kembali bersih dan bebas virus.

4. Jaga Jarak 

Saat di kantor, usahakan untuk tetap menjaga jarak aman dengan rekan kerja. Jaga jarak setidaknya 1 sampai 2 meter sebagai upaya pencegahan terkena virus. Bahkan saat meeting, sebaiknya tidak dengan jumlah orang yang banyak, dan tetap pada jarak aman. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid19 yang sangat cepat menular. 

Baca Juga: 6 Keuntungan Bekerja di Kantor Layanan Teknologi Informasi

5. Bersihkan Diri Saat Pulang Kerja

Foto: Freepik.com

Ketika pulang kerja, bersihkan diri Anda secara keseluruhan. Seperti cuci tangan, mandi, ganti baju. Usahakan juga untuk mencuci rambut Anda untuk memastikan tidak ada virus yang menempel di rambut. 

Jangan lupa untuk mengganti seluruh pakaian yang sudah digunakan di luar rumah, untuk membuang semua kuman dan virus yang mungkin masih ada di dalam nya. 

6. Makan Makanan Bergizi

Yang tak kalah penting dalam menjaga diri dari virus adalah menjaga asupan makanan. Usahakan makan makanan yang bernutrisi lengkap, cukup cairan serta cukup istirahat guna menjaga kondisi tubuh tetap prima saat pandemi corona. 

Bekerja adalah kewajiban kita, tetapi jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat pandemi corona ini. Virus Covid19 harus kita lawan dengan usaha kita menjaga diri agar tetap sehat dalam menjalani aktivitas di kantor. Semoga Anda tetap sehat dalam bekerja, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kantor yang Nyaman Bagi Anda

Sumber:
https://www.jll.co.id/en/views/5-tips-for-managing-workplace-disruption-during-the-coronavirus-pandemic
https://www.onlinekarma.net/blog/important-coronavirus-health-tips-at-work
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200525142420-255-506713/7-tips-aman-masuk-kerja-selama-pandemi-corona

Penulis: Rahmawati Ira