Smart Home dan Kecanggihannya untuk Rumah Anda

Smart Home dan Kecanggihannya untuk Rumah Anda

Di zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh manusia terutama di bidang teknologi. Seiring berkembangnya industri internet, beberapa tahun belakangan ini mulai populer istilah smart home. Fitur ini juga semakin sering disebutkan untuk memancing minat pembeli properti.

Apa Itu Smart Home?

Smart home atau rumah cerdas merupakan istilah yang biasanya merujuk pada rumah berbasis teknologi. Teknologi dalam rumah cerdas umumnya bertujuan untuk mengontrol berbagai perangkat di rumah secara otomatis atau dari jarak jauh (remote). Misalnya saja Anda dapat mengatur timer untuk menyalakan pemanas air secara otomatis, atau mematikan lampu di jam tertentu. Teknologi lainnya juga memungkinkan Anda mengontrol perangkat melalui internet sehingga dapat dilakukan dari mana saja, seperti robot vacuum, kamera pengawas, dan lain-lain.

Smart home umumnya membutuhkan akses internet nirkabel nonstop dan perangkat seluler (smartphone) sebagai media/remote untuk melakukan pengaturan sistem yang berada di rumah. Tentunya perangkat-perangkat elektronik ini membutuhkan energi listrik untuk dapat beroperasional. Instalasi berbagai perangkat pintar untuk rumah sebagian besar dari dikerjakan sendiri, sebagian lainnya mungkin membutuhkan tenaga ahli. Harga perangkat pendukung yang tersedia di pasaran beragam, namun secara rata-rata harga perangkat otomatis ini memang di atas perangkat yang manual, misalnya lampu dengan sensor, atau saklar dengan WiFi. 

Meski secara umum dinilai tidak murah, smart home memiliki target pasarnya sendiri dengan harga yang ditawarkan dirasa sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Kenyamanan, kemudahan, dan keamanan yang ditawarkan tentu menjadi kelebihan yang menarik jika dibandingkan dengan rumah biasa. Anda tertarik? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan smart home yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Film Anak untuk Liburan Akhir Tahun

1. Kelebihan Smart Home

Akses smart home dari smartphone

Foto: Freepik.com

Teknologi smart home menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, perangkat-perangkat “pintar” yang ada di rumah Anda dapat diakses hanya melalui smartphone sebagai remote. Anda tidak perlu lagi repot mengendalikan alat elektronik dengan remote masing-masing, atau malah harus membeli remote baru ketika yang lama mulai rusak. 

Sistem smart home juga menawarkan keuntungan bagi penghuni rumah dari segi kenyamanan tinggal maupun efisiensi biaya. Jika diatur dengan baik, perangkat elektronik Anda dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai kebutuhan dengan fitur timer atau sensor. Contohnya, lampu teras dengan sensor cahaya matahari dan lampu kamar mandi dengan sensor gerak. Dengan pemakaian perangkat listrik yang lebih efisien, tentunya akan berdampak pada penurunan biaya tagihan listrik Anda. Dengan adanya sistem serba otomatis dan efisien, tidak ada alasan lagi untuk lupa mematikan AC atau lampu saat Anda terlanjur jauh meninggalkan rumah.

2. Kekurangan Smart Home

Meski memiliki kelebihan yang luar biasa, smart home juga memiliki beberapa kekurangan. Berbagai perangkat pendukung rumah cerdas ini diciptakan seiring berkembangnya teknologi internet. Sebagai perangkat yang memerlukan akses internet, sebagian besar perangkat-perangkat ini memiliki risiko dari segi keamanan digital dan bug (error) yang dapat mengganggu operasionalnya. Namun, untuk memastikan tingkat keamanan akses internet dan perangkat Anda, gunakanlah kata sandi yang kuat dan pastikan perangkat yang Anda gunakan memiliki fitur enkripsi yang baik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan kebocoran sistem yang dapat disalahgunakan atau di hack pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan lainnya yaitu pada segi biaya pemasangan yang relatif mahal. Anda mungkin bisa menghabiskan puluhan juta untuk sistem nirkabel atau belasan juta untuk sistem kabel. Smart home yang serba digital juga berarti membutuhkan energi listrik terus menerus agar terkoneksi dengan internet dan menjadi “pintar”. Bagi Anda yang tinggal di area dengan listrik kurang stabil, sebaiknya memiliki back-up dan safety system agar Anda tidak terjebak di dalam rumah yang dapat membahayakan Anda dan penghuni rumah.

Baca Juga: Training Cerdas Learning Management System Berbasis Cloud Bagi Karyawan

Rekomendasi Sistem Smart Home

Keamanan smart home dalam genggaman

Foto: Freepik.com

Untuk mengoperasikan smart home memerlukan sebuah smartphone sebagai alat pengendali serta berbagai perangkat pendukung yang canggih, agar  semua kebutuhan di rumah Anda dapat terhubung dan dikontrol. Berikut ini OpenCloud merekomendasikan beberapa sistem terbaik untuk operasi rumah yang lebih cerdas.

1. Samsung SmartThings Hub 

Samsung SmartThings Hub mampu mensinkronisasikan rumah dengan gaya hidup Anda, termasuk dalam membantu tugas rumah tangga serta aktivitas sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah. SmartThings mampu menanggapi perintah yang Anda minta hanya melalui satu aplikasi bahkan melalui perintah suara.

2. Ring Alarm

Setiap rumah tentunya membutuhkan keamanan untuk menjaga seluruh isi rumah. Sistem keamanan dari Ring Alarm menawarkan beberapa perangkat elektronik dengan fitur yang dapat melengkapi lapisan keamanan rumah Anda, seperti keypad numerik, base station dengan sirine, sensor gerak, serta sensor pintu dan jendela sehingga rumah Anda tetap aman.

3. Ecobee Smart Thermostat

Thermostat mengusung teknologi berbasis WiFi, sehingga memungkinkan Anda dapat mengontrol pemanas dan pendingin ruangan hanya dengan menggunakan aplikasi atau bahkan melalui perintah suara. Sensor yang dimiliki Thermostat juga dapat membaca suhu sekitar ruangan, lalu menyesuaikan suhu berdasarkan kondisi ruangan lain dengan hanya mengalihkan sensor jarak jauh.

Baca Juga: Apa Itu Learning Management System (LMS)?

Sudah terbayang bukan kecanggihan yang ditawarkan oleh smart home? Nah, bagi Anda yang memiliki cita-cita menciptakan hunian yang lebih ramah lingkungan disertai dengan teknologi yang mumpuni, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki smart home. Tak perlu terlalu khawatir dengan harganya, karena Anda tak perlu mengganti semua alat elektronik menjadi smart, cukup sesuaikan perangkat yang dibeli dengan kebutuhan dan budget, maka Anda pun sudah bisa menikmati tinggal di hunian yang canggih.

Perkembangan teknologi semakin memudahkan hidup manusia dan menarik untuk diikuti. Simak yuk artikel menarik lainnya tentang teknologi dan lifestyle lainnya hanya di Blog OpenCloud!

Foto Utama: Freepik.com

Sumber:

  • https://www.orami.co.id/magazine/smart-home-system/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/smart-home-37050
  • https://qwords.com/blog/teknologi-smart-home/