Sering Diajak Jalan Bareng? Ini 8 Cara Menolak Teman Sekantor 

Sering Diajak Jalan Bareng? Ini 8 Cara Menolak Teman Sekantor 

Berada di lingkungan yang sama, dengan orang yang sama, selama tak kurang dari 7 jam dan 5 hari dalam sepekan, kadang membuat relasi hubungan di kantor tidak terbatas pada profesionalitas, tetapi juga merambah hubungan personal. Mungkin Anda merasa kurang memiliki privasi atau sebetulnya tidak terlalu nyaman bergaul dengan kolega tersebut secara personal. Tetapi tidak semua orang nyaman untuk menghabiskan waktu di luar jam kerja bersama kolega, apalagi jika Anda sebetulnya sudah memiliki rencana lain. Bagaimana cara menolak teman sekantor tanpa merusak hubungan profesional?

Cara Menolak Teman Sekantor

Ada banyak alasan seseorang tidak dapat mengikuti ajakan nongkrong teman sekantor yang umumnya di luar jam kerja. Misalnya, merasa lelah dan ingin istirahat, tidak merasa cocok dengan kepribadian secara personal, uang saku menipis, dan lain-lain. Mungkin tak masalah jika sesekali, namun bagaimana jika terlalu sering?

Apapun alasannya, berikut adalah beberapa tips cara menolak teman sekantor dengan baik dan sopan, sehingga tidak merusak hubungan profesional Anda.

1. Hindari Menjadi People Pleaser 

Tolaklah dengan baik ajakan teman kantor dan tidak perlu merasa tidak enak. Karena sekali saja Anda tidak tegas pada diri sendiri, maka hal ini  dapat terjadi lagi dengan mudah seterusnya. Latihlah diri Anda untuk bersikap tegas yang berkelas, yaitu menolak dengan kata-kata yang sopan disertai alasan yang jelas, sehingga teman Anda bisa paham.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu di Kantor agar Tidak Lembur

2. Katakan Lain Kali 

Selalu menolak ajakan tentu tidak baik juga, terlebih jika tujuan Anda sama. Katakan lain kali jika memang tujuan Anda sama, misalkan akan ke toko buku atau tempat yang memang sudah Anda rencanakan akan ke sana. Jangan luangkan waktu hanya untuk hal yang dapat menyita waktu Anda hanya karena diajak oleh rekan kerja Anda yang saat itu memang hanya butuh ditemani. Sesuaikan saja dengan agenda Anda. 

 3. Beri Batasan

Sedekat apapun Anda dengan rekan kerja, harus tetap memiliki batasan, terlebih lagi jika mereka adalah lawan jenis dan Anda telah memiliki pasangan. Tujuannya adalah menjaga agar hubungan dengan rekan kerja lebih sehat. Bukan berarti individualis, tetapi memberi batasan dengan teman kerja merupakan sebuah bentuk menghargai diri sendiri dan pasangan Anda.

4. Berikan Alasan yang Logis 

Berikan alasan yang dapat diterima teman kantor Anda. Sebab jika terlalu mengada-ada, Anda akan dikenal pembohong yang tentu tidak baik untuk relasi secara umum dan reputasi Anda. Katakan dengan singkat, padat, dan jelas, sehingga teman Anda mudah mengerti. Tidak perlu menggunakan alasan yang berbelit-belit. 

5. Sesekali Ajak Dalam Ritme Hidup Anda 

Ketika teman Anda tidak memahami ritme hidup Anda, terkadang mereka akan menjadi kurang peka. Misalnya jika Anda adalah seorang Ayah atau Ibu dengan dua orang balita di rumah, serta dua orangtua Anda yang sudah lansia. Tentu waktu Anda sangat berharga karena dinanti orang-orang tercinta di rumah. 

Sesekali ajak teman Anda ke rumah untuk melihat langsung kesibukan Anda. Harapannya, mereka akan memahami alasan Anda tidak bisa ikut jalan-jalan sehabis pulang kerja.

Baca Juga: 7 Permainan dengan Anak di Rumah untuk Usir Kebosanan

6. Jadilah Diri Sendiri 

Dengan menjadi diri sendiri, Anda menjadi orang yang bebas merdeka atau bisa dibilang tidak bergantung pada orang lain. Anda bebas memutuskan apa yang akan Anda setujui dan mana yang akan Anda tolak. Anda dapat dengan bebas mengelola waktu Anda tanpa harus terus mengikuti kemauan teman Anda.

7. Jangan Gunakan Orang Lain Sebagai Alasan 

Tidak bijak menjadikan orang lain sebagai alasan penolakan Anda atas ajakan teman. Gunakan alasan dari diri Anda sendiri untuk membuktikan bahwa Anda adalah seseorang yang bertanggung jawab. Titik tekankan pada Anda, bukan pada orang lain, sekalipun itu keluarga atau pasangan Anda. 

8. Pandai-pandailah Memilih Skala Prioritas 

Jika Anda sudah menentukan skala prioritas, mudah pula Anda menolak atau berkata ‘tidak’ pada teman kantor yang mengajak Anda hangout. Pikiran Anda terbiasa untuk  memilah dan memilih yang penting dari yang kurang penting, memilih yang terpenting dari yang penting. 

Seiring waktu, rekan kerja Anda pun akan semakin memahami diri Anda yang akhirnya hanya mengajak Anda pada momen yang penting saja. Tentunya hal ini sangat memudahkan Anda walaupun pada awalnya harus ada kata ‘tidak’ pada rekan kantor.

Baca Juga: 5 Ide Resep Simpel untuk Bekal ke Kantor

Itulah beberapa cara menolak teman sekantor ketika mengajak Anda jalan, padahal Anda memiliki agenda atau kepentingan lain. Semoga dapat membantu Anda dalam pergaulan sehari-hari. Temukan bahasan menarik lainnya di OpenCloud! 

Foto Utama: Freepik.com


Sumber:

https://yoursay.suara.com/news/2021/07/13/143925/5-cara-menolak-ajakan-teman-dengan-baik-dan-benar