Beberapa Cara Menahan Ngantuk di Kantor Selain dengan Ngopi

Beberapa Cara Menahan Ngantuk di Kantor Selain dengan Ngopi

Pernahkah ketika Anda sedang bekerja di kantor tiba-tiba rasa kantuk menyerang?  Hal ini tentu saja dapat mengganggu kinerja Anda, misalnya ketika deadline pekerjaan sudah di depan mata, ketika Anda harus bertemu klien, atau rapat  kerja dengan rekan dan atasan di kantor. Mengantuk hanya akan membuat Anda tidak fokus. Lalu, bagaimana cara menahan ngantuk di kantor?

Cara Menahan Ngantuk Tanpa Ngopi di Kantor 

Minum secangkir kopi bukanlah satu-satunya cara menahan ngantuk tatkala melanda. Terdapat beberapa pilihan alternatif agar mata tetap terjaga dan segar, terlebih lagi jika Anda juga sedang berpuasa.

Berikut ini beberapa cara menahan ngantuk di kantor yang bisa Anda coba.

1. Menarik Napas Panjang 

Dengan menghirup napas panjang, oksigen yang masuk ke dalam paru-paru Anda menjadi lebih banyak, sehingga otak pun mendapat asupan oksigen yang lebih banyak. Jika asupan oksigen ke otak cukup banyak, maka rasa ngantuk yang Anda rasakan akan lebih cepat hilang. Tarik napas beberapa kali sampai mata Anda kembali terasa segar sehingga Anda dapat melanjutkan pekerjaan kantor dengan lebih fokus. 

2. Makan Camilan Sehat 

Jika kondisi kantor memungkinkan, Anda bisa mencoba mengemil kudapan sehat seperti snack berbahan gandum, buah segar, atau yoghurt rendah lemak. Dengan mengonsumsi camilan sehat seperti ini, asupan makanan pada tubuh Anda akan terjaga dengan baik. Kandungan vitamin dan serat dalam camilan dapat membantu tubuh Anda bermetabolisme dengan baik. Ditambah lagi, kandungan vitamin pada buah akan membuat Anda lebih segar dan sehat.

Baca Juga: 6 Cara Tetap Fokus WFH saat Puasa

3. Memandang ke Arah Lain 

Saat ini sebagian besar pekerjaan kantor dikerjakan dengan komputer. Namun akibatnya, mata dan otak menjadi cepat lelah karena terus menerus fokus ke layar. Tak jarang rasa lelah ini memicu otak untuk memerintahkan mata Anda beristirahat dan terasa mengantuk.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mengatasi rasa ngantuk, coba alihkan pandangan Anda ke tempat lain. Jika memungkinkan, cobalah fokuskan pandangan Anda ke luar jendela agar mata Anda dapat fokus ke titik yang jauh. Alternatifnya, Anda juga bisa sesekali memandang ke arah sisi lain jika Anda sedang berada di dalam ruangan tertutup, misalnya saja langit-langit atau dinding. 

4. Berolahraga Ringan 

cara menahan ngantuk di kantor

Foto: Freepik.com

Ngantuk setelah makan siang? Cobalah bergerak atau berjalan-jalan sedikit dari kursi Anda. Jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan seperti peregangan otot atau sekadar menggerakkan tangan dan kaki Anda.

Olahraga ringan mampu membuat Anda lebih segar dan melepas ngantuk, karena ketika Anda bergerak-gerak, jantung akan memompa darah lebih kuat agar  aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar, rasa ngantuk yang Anda alami akan hilang sedikit demi sedikit. 

5. Mencuci Muka 

Masih ngantuk juga?

Jika memungkinkan, Anda bisa mencuci muka dengan air dingin, ini merupakan alternatif yang cukup ampuh untuk menghilangkan ngantuk. Jika Anda tidak bisa mencuci muka karena beberapa alasan, misalnya memakai make up, Anda bisa menyiapkan satu botol spray berisi air yang dapat disemprotkan ke wajah. Percikan air yang sejuk dapat membantu membuat mata kembali segar dan Anda dapat bekerja kembali tanpa ngantuk!

6. Minum Air Putih 

Anda juga mungkin saja mengantuk akibat dehidrasi atau kurang minum air. Tak ada ruginya meminum segelas air putih yang akan kembali menyegarkan Anda. Kekurangan cairan memang dapat membuat Anda tidak fokus dan mengantuk. Jika ngantuk yang Anda alami karena kekurangan cairan, segelas air dapat membantu menghidrasi tubuh, sehingga Anda pun akan kembali terjaga.  

7. Tidur Sejenak 

Mungkin rasa ngantuk yang Anda alami memang merupakan tanda kelelahan yang sudah menumpuk akibat kurang istirahat, jadi Anda memang sangat membutuhkan tidur.

Jika segala cara sudah dicoba dan Anda masih mengantuk, tidurlah 5-10 menit saja. Walau singkat, setelah tidur siang Anda akan kembali bugar seperti gawai yang selesai di charge. Setelah Anda tidur sejenak, tubuh akan berenergi kembali dan Anda dapat melanjutkan aktivitas dengan prima. 

Baca Juga: 4 Makanan yang Dilarang Dikonsumsi oleh Penderita COVID-19

Beberapa cara menahan ngantuk di atas dapat membantu Anda mengatasi rasa kantuk yang menyerang di kantor. Cara-cara ini bisa dibilang sangat praktis dan tidak menyita waktu terlalu banyak, sehingga dapat meningkatkan performa Anda. Namun, Anda juga harus memelihara kebiasaan tidur malam yang baik, yaitu tidur maksimal jam 10 malam dengan kualitas deep sleep yang cukup. 

Selamat mencoba! Semoga hari-hari Anda menjadi lebih produktif dengan tubuh yang sehat. Temukan lebih banyak artikel dan solusi bisnis menarik lainnya di OpenCloud! 

Foto Utama: Freepik.com

Sumber: 

  • https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/cara-menghilangkan-ngantuk/
  • https://kawaiibeautyjapan.com/article/2099/solusi-sulit-tidur