7 Tradisi Imlek di Berbagai Negara
Foto: freepik.com

7 Tradisi Imlek di Berbagai Negara

  • Post Category:Lifestyle

Sebagai salah satu hari raya terbesar di Indonesia, Imlek juga dirayakan di banyak negara dengan populasi orang Tionghoa yang signifikan. Karena itu, setiap daerah memiliki tradisi Imlek yang unik.

Imlek sendiri merupakan perayaan tahun baru berdasarkan kalender Tiongkok yang dimulai pada bulan kedua setiap pergantian tahun dan berlangsung selama 15 hari. Dalam perayaan ini, warna merah menjadi simbol dan memiliki arti khusus sebagai lambang keberuntungan.

Biasanya di malam Imlek, pertunjukan kesenian akan ditampilkan. Salah satunya tarian naga atau yang kita kenal dengan barongsai. Tarian tradisional ini memiliki makna untuk mengusir roh jahat dan menjadi ciri khas perayaan Tahun Baru Imlek.

Tradisi Imlek di Berbagai Negara

Berkumpul bersama keluarga, menghidangkan makanan khusus, menikmati pertunjukan kembang api dan memberi hadiah adalah tradisi perayaan Imlek. Namun ternyata, ada banyak tradisi unik di berbagai negara untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Contohnya:

1. Tiongkok

Foto: pixabay.com

Di Tiongkok sendiri, perayaan Imlek adalah waktu paling penting untuk menghormati leluhur mereka dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Amplop merah berisikan uang menjadi salah satu simbol dalam perayaan Imlek.

Nian gao atau kue beras melambangkan ungkapan “nian nian gao sheng” yang berarti “meningkatkan kemakmuran tahun demi tahun.” Di sisi lain, hidangan ikan yang dikukus bersamaan dengan jahe dan kecap, dikaitkan dengan ungkapan “nian nian you yu” yang berarti “semoga tahun ini membawa kemakmuran.”

Baca Juga: Mengenal Makna Pelepasan Lampion pada Saat Hari Waisak

2. Vietnam

Foto: pixabay.com

Masyarakat Vietnam akan mengunjungi dan berkumpul dengan keluarga sambil menyambut kedatangan para leluhur. Banh chung adalah makanan khas di perayaan ini yang berupa kue ketan berbentuk persegi.

Tradisi lain yang dianggap penting oleh masyarakat Vietnam adalah pengunjung pertama ke rumah mereka akan menentukan nasib mereka sepanjang tahun depan. Perayaan Tet ini bisa berlangsung selama 3-7 hari.

3. Australia

Foto: pixabay.com

Lingkungan The Rocks Sydney akan dipenuhi dengan jadwal acara untuk memeriahkan malam Tahun Baru Imlek. Beberapa komunitas akan naik ke atas panggung untuk menampilkan berbagai pertunjukan seperti opera, musik klasik, parade mode, dan seni bela diri.

Sebagai puncaknya adalah balapan perahu naga. Tim yang terdiri dari 20 orang mendayung perahu sepanjang 12 meter secepat mungkin dengan diiringi ketukan drum.

4. Korea

Foto: pixabay.com

Tahun Baru Imlek di Korea dikenal dengan sebutan Seollal. Tradisi ini untuk memberi kehormatan kepada leluhur dan bertemu dengan keluarga dan kerabat. Selama perayaan, orang Korea akan menggunakan baju tradisional yang disebut hanbok.

Selain itu, mereka akan melakukan ritual terhadap leluhur, bermain permainan tradisional, dan makan makanan tradisional Korea seperti tteokguk, galbi jjim, dan jeon. Setelah makan, generasi muda di keluarga sungkem kepada para tetua. Tradisi ini disebut sebae.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Tanggal 29 Februari

5. Singapura

Foto: pixabay.com

Selain perayaan Imlek yang umum seperti tarian singa, parade tahun baru, dan pertunjukkan lentera, Singapura juga memiliki tradisi uniknya sendiri. Warga Singapura akan mengunjungi para kerabat dan keluarganya dengan membawa hadiah berupa dua jeruk tahun baru dalam kantong kertas. Hal ini sebagai bentuk harapan kepada tuan rumah untuk mendapatkan keberuntungan ganda di tahun baru.

6. Jepang

Foto: pixabay.com

Orang-orang Jepang akan menghiasi rumah-rumah mereka dengan pinus dan cemara saat perayaan Imlek. Begitu malam tahun baru tiba, lonceng di kuil seluruh Jepang akan dipukul sebanyak 108 kali. Berbagai bentuk festival akan dihadirkan seperti festival musim semi dan Bunkasai (festival budaya).

Baca Juga: 7 Film Motivasi yang Cocok Ditonton di Awal Tahun

7. Indonesia

Foto: indonesiakaya.com

Singkawang adalah salah satu daerah di Indonesia yang dikenal sebagai Chinatown-nya Indonesia. Masyarakat akan mengadakan Cap Goh Meh dengan salah satu tradisi uniknya bernama Padare Tatung. Parade Tatung adalah perpaduan budaya Tionghoa dengan orang Dayak di Kalimantan.

Tatung diyakini menjadi medium para dewa atau roh menjaga penduduk sekitar dari roh-roh jahat. Ratusan pria Tatung, wanita, dan bahkan anak-anak, berjalan menyusuri jalan-jalan di Singkawang dengan duduk di atas takhta paku dan menginjak pedang.

Di manapun perayaan Imlek berlangsung, yang terpenting Anda menghabiskannya bersama orang-orang terkasih. OpenCloud mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga keberuntungan menyertai kita semua di tahun-tahun berikutnya!

Sumber:

  • https://www.sbs.com.au/radio/explainer/how-do-different-countries-celebrate-lunar-new-year
  • https://www.chinatravel.com/focus/chinese-new-year/celebration-in-other-countries.htm
  • https://www.businessinsider.in/what-is-a-lunar-day-and-a-lunar-night/articleshow/71234498.cms

(AN)