Penyebaran corona virus baru-baru ini memengaruhi segala sektor kehidupan, mulai dari perjalanan internasional hingga ketersediaan alat-alat kesehatan. Karena itu, banyak perusahaan yang menerapkan work from home sebagai salah satu strategi memperlambat penyebaran virus.
Tidak mudah bekerja dari rumah jika terbiasa bekerja di kantor. Di rumah ada banyak distraksi, mulai dari anak, hewan peliharaan, sampai godaan untuk bermalas-malasan. Selain itu, fasilitas kantor biasanya lebih menunjang untuk bekerja.
Namun, work from home bisa diakali, kok, agar seefektif dan seefisien bekerja dari kantor. Ini tipsnya:
1. Coba Buat Ruang Kerja Pribadi di Rumah

Meskipun tergoda untuk tetap berada di tempat tidur, menciptakan ruang atau tempat khusus akan mendukung Anda saat bekerja. Selain menciptakan suasana seperti “kantor”, cara ini juga bisa mempertahankan postur tubuh Anda dan menghindari terjadinya gangguan.
Anda juga bisa menyimpan segala file yang terkait dengan pekerjaan di satu tempat yang sama. Cobalah dengan mulai memilih kursi dan meja yang nyaman dan terapkan beberapa dekorasi. Dekorasi ini nantinya sangat berguna sebagai media hiburan ketika Anda sedang suntuk.
Meskipun harus work from home, Anda tetap bisa berkonsentrasi penuh untuk bisa menyelesaikan pekerjaan.
Baca Juga: 5 Manfaat Kantor yang Nyaman Bagi Anda
2. Tetap dengan Rutinitas

Hanya karena Anda tidak pergi ke kantor, bukan berarti Anda harus melewatkan rutinitas yang biasa dilakukan sebelum berangkat ke kantor. Bangun pada waktu normal, mandi, kemudian hindari mengenakan pakaian tidur seperti piyama.
Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi nyatanya bisa membantu Anda untuk mempersiapkan mental bekerja. Selain itu, jadwal rutinitas yang biasa dilakukan juga tidak terganggu. Jika Anda biasa bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sore, maka tetap lakukan hal itu di rumah, ya.
3. Jangan Lupakan Waktu Istirahat saat Work From Home
Karena saat ini disarankan untuk membatasi kontak dengan orang-orang, work from home bisa menjadi membosankan karena Anda harus berada di rumah setiap hari. Selain itu, work from home terkadang membuat kita lupa dengan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan.
Mulailah dengan buka jendela ruang kerja untuk membiarkan sebanyak mungkin sinar matahari dan udara segar masuk. Atau, pergilah ke dapur untuk mengambil cemilan dan menonton TV sejenak di ruang tamu. Tidak ada salahnya mengambil waktu istirahat sejenak yang nantinya juga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda.
Baca Juga: 6 Keuntungan Bekerja di Kantor Layanan Teknologi Informasi
4. Tetap Jaga Komunikasi

Work from home bisa membuat kita rindu dengan rekan kerja dan merasa terpisah. Apalagi jika di rumah Anda tinggal sendiri. Meskipun sibuk bekerja di rumah, jangan sampai lupa untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga Anda.
Selain bisa merajut komunikasi, bersikap responsif tentu bisa membuat pekerjaan menjadi lebih lancar. Brainstorming atau diskusi terinci biasanya membutuhkan pertemuan secara resmi, dan berbicara tatap muka bisa menjadi solusinya.
Dengan melakukan video call, kolaborasi bersama tim bisa lebih mudah dilakukan dan kehadiran mereka bisa terpantau. Jadi, coba pertimbangkan memasang aplikasi konferensi video mulai dari sekarang.
5. Makan Siang Online

Kangen makan siang bareng rekan-rekan kerja? Coba kali ini ajak teman-teman makan sambil melakukan conference call. Anda jadi tak merasa sendiri lagi!
Baca Juga: Apa Itu Konsultan ERP? Bagaimana Pengaruh Mereka dalam Berbisnis?
Kira-kira apa lagi, ya, tips yang bisa diterapkan agar work from home terasa menyenangkan? Share di kolom komentar, ya!
Sumber:
- https://time.com/5801725/work-from-home-remote-tips/]]>
(AN)