Istilah content creator tentu sudah tak asing lagi di telinga. Biasanya, mereka yang memiliki profesi content creator akan membuat konten berupa video atau foto sebagai sarana informasi atau hiburan bagi para pengikutnya di sosial media. Bagi Anda yang tertarik menjadi content creator, lebih dulu kenali profesi content creator dan perkembangannya di masa depan berikut ini!
Baca Juga: Kenapa Password Perlu Diganti Secara Berkala
Apa Itu Profesi Content Creator?

Profesi content creator ialah seseorang yang membuat konten berupa tulisan, video, foto dan diunggah ke media sosial sebagai bentuk promosi.
Bahkan, kini sebutan content creator tak hanya disematkan bagi mereka yang mengunggah foto atau video saja tapi juga dalam bentuk tutorial, vlogging, podcast hingga cuitan.
Sebelum mempromosikan sebuah produk, content creator harus mencari ide, data, dan riset terkait produk yang hendak dipasarkan. Selanjutnya, mereka harus membuat konten yang sesuai dengan branding dari produk atau seperti arahan dan kesepakatan antara content creator dengan brand.
Hal penting yang harus dimiliki untuk menjadi seorang content creator ialah kreativitas, komunikasi yang baik, pandai mencari ide yang berbeda dan skill bekerjasama yang mumpuni.
Baca Juga: 12 Istilah dalam Tiktok, Biar Enggak Ketinggalan Zaman!
Prospek Kerja Profesi Content Creator

Jika Anda berminat atau sekiranya memiliki sejumlah skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content creator, maka tak ada salahnya mencoba! Kini, profesi content creator tengah digandrungi oleh banyak orang khususnya anak muda karena bisa bebas berekspresi dan tentunya mendapatkan bayaran yang tinggi. Nah, berikut ini sejumlah prospek kerja menjadi seorang content creator.
1. Profesi Content Creator Youtuber
Kini, Youtube tak hanya digunakan sebagai platform membagikan momen pribadi saja. Namun, banyak orang telah menjadikan Youtube sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Ya, profesi Youtuber kian diminati banyak orang. Selain popularitas, Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika video Youtube yang diunggah viral. Salah satunya, uang dari hasil iklan hingga endorse brand-brand terkenal.
2. Selebgram
Sebutan selebgram pasti sudah tak asing lagi di telinga. Ya, ini merupakan profesi content creator yang mengunggah kontennya di akun sosial media Instagram berupa IG Story, foto, video, hingga reels. Sekilas mirip dengan konsep di Youtube, namun bedanya, Instagram berisi konten dengan durasi yang lebih singkat untuk menarik calon customer.
Sebelum membuat konten Instagram, hal penting yang harus diperhatikan ialah pengambilan angle kamera, ide, komposisi warna, dan musik yang disematkan. Upload foto dan video dengan resolusi tinggi agar tidak pecah serta perhatikan jam-jam uploadnya agar bisa menjangkau pengguna Instagram lainnya dengan maksimal.
3. Blogger
Jika Youtube dan Instagram menjual visual berupa foto dan video sebagai alat pemasaran content creator, maka berbeda dengan blogger. Ini disebut content creator karena mempromosikan suatu brand atau tempat wisata melalui blog dan website yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Jika sebelumnya harus memperhatikan estetika foto dan video maka blogger lebih memperhatikan gaya tulisan yang digunakan. Misalkan, mempromosikan brand pakaian anak muda maka gaya tulisannya pun harus santai namun tetap informatif. Begitu pula ketika mempromosikan suatu brand asuransi atau perbankan, maka gaya tulisannya pun sebaiknya formal dan penuh pengetahuan baru yang bikin pembaca betah.
4. Seleb Tik Tok
Istilah seleb Tik Tok ini disematkan bagi para content creator yang mengunggah video promosi atau endorse-nya di akun Tik Tok. Meskipun sekilas template yang digunakan sama seperti Instagram dan Youtube, namun para content creator Tik Tok akan lebih memperhatikan durasi video dan cara menyematkan iklan di dalam video agar para pengikutnya tak merasa bahwa video yang ditonton adalah iklan. Umumnya, para content creator Tik Tok ini menyisipkan potongan video endorse ke dalam konten hariannya seperti daily vlog Tik Tok atau Try On (mencoba sesuatu). Dengan begitu, promosi yang dilakukan lebih terlihat oleh penonton.
5. Selebtwit
Seperti namanya, sebutan selebTwit ini diperuntukkan bagi para content creator yang mempromosikan produknya melalui Twitter. Mirip seperti blog, selebTwit akan mencuitkan thread berisi pengalamannya menggunakan sebuah produk atau menyisipkannya di antara cerita atau thread yang dibuatnya. Dengan demikian, kemungkinan pembaca akan melihat iklan yang diunggah lebih besar dibandingkan langsung men-tweet cuitan berupa link iklan.
Nah, itulah sekilas tentang profesi content creator dan prospek kerjanya. Apakah Anda tertarik menjadi content creator?
https://www.gramedia.com/literasi/content-creator/
https://www.gokampus.com/blog/content-creator-pekerjaan-yang-sekarang-jadi-idaman-anak-muda
https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/nbwDg3Dk-profesi-content-creator-digandrungi-anak-muda-apa-itu