Apakah Cocok Cloud Computing untuk Start Up?

Apakah Cocok Cloud Computing untuk Start Up?

Semakin hari, perkembangan akses jaringan komputasi awan atau yang sering disebut cloud computing semakin banyak digandrungi pelaku usaha. Salah satunya adalah cloud computing untuk start up.

Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta organisasi besar sudah banyak beralih ke jaringan ini. Cloud computing menyediakan sumber daya yang cepat dan fleksibel untuk diintegrasikan ke manapun. 

Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bekerja cepat dengan sejumlah data yang besar dalam jangka waktu yang singkat. Dengan mengandalkan jaringan ini, suatu perusahaan, UKM, ataupun start-up dapat menghemat banyak sumber daya. 

Lalu, bagi Anda penggerak start-up, apakah keuntungan yang didapat jika beralih ke jaringan ini? Simak penjelasannya!

Peran Cloud Computing untuk Start Up

peran cloud computing untuk start up

Foto: Freepik.com

Mendirikan dan menjalankan sebuah start-up tentu banyak memiliki risiko. Semua pihak merasakannya, mulai dari pendiri, investor, pelanggan, sampai mitra.  

Kurangnya anggaran, lokasi tim yang berjarak (berbeda kota atau negara), ketidakstabilan tim karena tim mudah berkembang dan menyusut adalah beberapa masalah umum yang sering dialami pelaku usaha. 

Agar sesuai dengan kebutuhan start-up, cloud computing memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut: 

Baca juga: Training Cerdas Learning Management System Berbasis Cloud Bagi Karyawan

1. Mudah dan Biaya Rendah

Biaya menjadi faktor penting bagi semua pelaku usaha. Menerapkan teknologi terbaru terkadang tidak sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Cloud computing tidak membutuhkan investasi yang besar dan tidak memerlukan sumber daya khusus. Anda hanya perlu membayar untuk menggunakan sumber daya yang sebenarnya. Anggaran yang Anda siapkan dapat dikembangkan di investasi lainnya untuk menunjang start-up Anda. Jadi, Anda bisa mulai dengan anggaran kecil yang menguntungkan bagi perusahaan start-up.

2. Perlindungan Data

Selain faktor biaya, keamanan pasti menjadi prioritas saat menentukan sistem yang akan digunakan. Data perencanaan dan pengembangan start-up terjamin jika menggunakan sistem ini. Cloud computing menghadirkan keamanan tingkat tinggi dengan menempatkan data server yang andal dan membuat cadangan serta snapshot secara teratur. Artinya, sistem akan mencadangkan dan memulihkan data yang tak sengaja hilang secara otomatis.

3. Kecepatan

Akses data dengan beberapa klik mouse. Cloud computing mampu memanggil seluruh data yang Anda minta hanya dengan satu perintah mouse. Anda bisa memangkas waktu dan penyediaan sumber daya untuk mengakses sumber daya TI baru sehingga proses kerja Anda menjadi lebih mudah dan organisasi menjadi lebih fleksibel.

Baca juga: Yuk, Mengenal Apa Itu Public Cloud!

4. Skala Global

Penskalaan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan jumlah sumber daya yang dibutuhkan saat ini. Ini membuat start-up fleksibel dan efisien. Anda hanya perlu membayar sumber daya yang Anda gunakan. 

Misalnya, bayangkan Anda membuat situs web dan memiliki 50 pengunjung per hari, lalu berkembang menjadi 500 pengunjung per hari. Suatu hari Anda membeli iklan yang sangat menguntungkan untuk situs Anda dan memiliki 10.000 pengunjung. Kemudian, angka itu semakin bertambah setiap harinya. 

Namun, setelah itu, server Anda membeku karena kurangnya bandwidth dan sumber daya komputasi. Jadi, sekarang Anda membutuhkan lebih banyak bandwidth dan sumber daya server. 

Infrastruktur cloud melindungi Anda dari masalah seperti itu karena Anda dapat mengonfigurasi penskalaan otomatis sehingga infrastruktur Anda bertambah atau berkurang tergantung pada beban kerja dan persyaratan. Penambahan dan pengurangannya sangat mudah dan cepat dilakukan.

5. Akses dari Mana Saja

Di manapun lokasi anggota tim Anda, mereka akan dengan mudah mendapatkan data perusahaan kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan gadget dan jaringan internet. Selain itu, data yang dibutuhkan dapat dengan mudah dibuat, diunduh, diedit, dan dibagikan. 

Apakah Start Up Perlu Beralih ke Cloud Computing?

apakah cloud computing untuk start up perluFoto: Freepik.com

Pertanyaannya saat ini adalah, apakah start-up perlu menggunakan cloud computing?

Penjelasan sebelumnya sudah memberi gambaran keuntungan bagi start-up jika beralih ke sistem ini. Sistem cloud computing sangat efisien untuk start-up. Ini membantu mengurangi pengeluaran bisnis Anda, meningkatkan keamanan, menskalakan bisnis Anda, dan banyak lagi.

Tentu saja ada beberapa kekurangan yang bisa membuat Anda ragu. Namun, semua itu dapat diimbangi dengan mencari penyedia layanan cloud computing yang handal dan berpengalaman serta memastikan layanan yang Anda pasang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.  

Baca juga: Risiko Penggunaan Cloud Computing

Tentang OpenCloud

Berbicara layanan cloud computing, Anda perlu mempertimbangkan OpenCloud sebagai calon mitra terbaik Anda. OpenCloud akan menyesuaikan semua kebutuhan yang Anda inginkan untuk start-up sekalipun. Hubungi kami di sini dan lakukan konsultasi gratis sesuai jadwal yang Anda inginkan. Kami selalu ada kapanpun Anda membutuhkan kami.   

Sumber

Foto: Freepik.com