Perkembangan bisnis tak terlepas dari kualitas sumber daya manusianya. Menurut penelitian yang telah dilakukan di beberapa kantor, faktor paling penting yang mempengaruhi produktivitas dan fokus karyawan adalah lingkungan kerja mereka. Bahkan, dikatakan bahwa kantor yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan produktivitas sekitar 20%.
Kenyamanan ruang kerja ternyata sangat berpengaruh pada motivasi Anda saat bekerja. Lingkungan yang bersih dan nyaman membantu Anda mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.
Misalnya, ketika cahaya alami bisa masuk secara cukup ke dalam ruang kerja. Hal ini bisa meningkatkan paparan vitamin D yang mampu memperbaiki suasana hati.
5 Manfaat Kantor yang Nyaman
Bagaimana tempat kerja Anda dirancang memiliki dampak besar pada mood, kinerja, dan produktivitas saat bekerja. Sebelum melakukan perombakan pada tempat kerja Anda, simak dulu apa saja manfaat kantor yang nyaman berikut ini.
1. Prinsip Ergonomi Meningkatkan Fleksibilitas dan Kenyamanan Saat Bekerja

Rata-rata para pekerja akan menghabiskan 6-7 jam per hari duduk di meja. Jadi, bagaimana posisi Anda duduk tentu sangat memengaruhi kenyamanan Anda. Salah satu contohnya adalah pengaturan kursi kerja.
Kursi ergonomi bisa mengatur postur lebih sehat ketika bekerja. Benda ini bisa membantu meluruskan tulang punggung, mencegah radang sendi, dan mengurangi risiko cedera saat bekerja. Prinsip ergonomis perlu diterapkan di kantor untuk menciptakan area kerja yang nyaman.
2. Kehadiran Solusi IT yang Mumpuni Bisa Meningkatkan Efisiensi Pekerjaan

Bukan rahasia lagi bahwa teknologi telah berdampak besar pada sistem kerja saat ini. Cara kita bekerja, berapa lama kita bekerja, dan efisiensi pekerjaan kita telah dipengaruhi oleh teknologi. Memahami keuntungan, tantangan, dan kompleksitas teknologi akan sangat penting bagi para pekerja saat ini.
Salah satu faktor pendukung kantor yang nyaman adalah teknologi yang menghasilkan efisiensi untuk para pekerja. Dengan adanya penyedia layanan solusi IT seperti OpenCloud, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan teknologi dengan bisnis Anda. Mulai dari tugas mendasar seperti pencatatan bisa dilakukan dengan kemajuan teknologi.
Baca Juga: Apa Itu Managed Services Atau Penyedia Layanan Solusi IT?
3. Posisi dan Kebersihan Meja Kerja Sangat Penting bagi Kesehatan Karyawan

Meja yang bersih dan tertata dengan baik nyatanya bermanfaat untuk menciptakan kantor yang nyaman bagi para karyawan. Dengan kondisi tubuh yang fit, mereka bisa fokus sepenuhnya pada pekerjaan tanpa merasakan sakit yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan.
Selain itu, meja kerja yang tertata dengan rapi tidak akan menyebabkan karyawan merasa terlalu lelah dan stres. Sebab, gerakan mereka bisa lebih leluasa saat menjangkau berbagai peralatan saat bekerja dan pekerjaanpun bisa selesai lebih cepat.
4. Tumbuhan dan Aroma Terapi Bisa Jadi Penghilang Kejenuhan

Agar karyawan Anda tidak merasa bosan ketika berada di ruang kerja, cobalah untuk menempatkan beberapa tanaman seperti bunga di beberapa sudut ruangan.
Selain mempercantik ruangan, tanaman bisa membantu meningkatkan mood dan produktivitas. Oksigen segar yang diciptakan tanaman bisa menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik yang akan menghasilkan suasana yang lebih rileks.
Anda juga bisa menambahkan aromaterapi untuk relaksasi bagi karyawan. Dengan menciptakan kondisi ruangan yang sehat dan nyaman bagi karyawan, kinerja mereka juga akan meningkat.
Baca Juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Internet Kantor Mati
5. Suhu dan Kualitas Udara Berpengaruh terhadap Kantor yang Nyaman

Salah satu masalah terbesar yang dapat mempengaruhi kenyamanan di tempat kerja adalah suhu ruangan di level yang salah. Badan Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris memberikan panduan tentang suhu yang direkomendasikan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa tingkat suhu sudah sesuai.
Langkah-langkah untuk menciptakan kantor yang nyaman salah satunya didukung dengan penggunaan jumlah pendingin ruangan dan penempatan yang disesuaikan dengan kebutuhan para karyawan.
Baca Juga: Apa Itu Konsultan ERP? Bagaimana Pengaruh Mereka dalam Berbisnis?
Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa kualitas udara kantor yang disirkulasi dengan baik bisa meningkatkan konsentrasi sebanyak 61%. Sebuah studi di tahun 2014 menunjukkan bahwa para pekerja kehilangan rata-rata 86 menit dalam sehari karena gangguan yang berkaitan dengan kenyamanan di kantor.
Karena itulah, keadaan kantor yang nyaman bisa meningkatkan loyalitas karyawan dalam bekerja. Mereka akan lebih termotivasi saat bekerja dan tentu saja hal ini bisa mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.
Semoga informasi tentang 5 manfaat kantor yang nyaman tersebut bisa menambah wawasan Anda, ya.
Sumber:
- https://www.succeedinginsmallbusiness.com/the-importance-of-creating-a-comfortable-working-environment/#.XkedZygza00
- https://smallbusiness.chron.com/importance-work-environment-employee-production-43533.html
- https://hbr.org/amp/2019/08/survey-what-employees-want-most-from-their-workspaces
(AN)